Kompas TV nasional update corona

Usai Dilantik, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Langsung Pimpin Rapat Koordinasi Pimpinan

Kompas.tv - 23 Desember 2020, 23:32 WIB
usai-dilantik-menteri-kesehatan-budi-gunadi-sadikin-langsung-pimpin-rapat-koordinasi-pimpinan
Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin kini Menteri Kesehatan (Menkes) (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS TV - Setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu pagi (23/12), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono bergerak menuju kantor Kementerian Kesehatan dan langsung memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan. 

Dalam rapat tersebut Menteri Kesehatan mengatakan, sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. "Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi Covid-19," ujar Budi dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan, Rabu (23/12/2020). 

Meski akan dilakukan dalam waktu dekat, Budi menekankan rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian serta persiapan matang. 

Baca Juga: Gantikan Terawan, Budi Gunadi Diminta Presiden Tangani Covid-19 Secepat-cepatnya

Menurut dia, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama; yaitu ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi, "Saya ingin memastikan semua alatnya siap," tegasnya. 

Untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, Budi mendorong pemerintah pusat menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah. 

Sehingga, dalam waktu dekat pihaknya bersama Wakil Menteri Kesehatan siap untuk membahas lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi Puskesmas, asosiasi RS Swasta maupun klinik. 

"Mungkin besok akan ada rapat dengan semua Asosiasi Puskesmas dan RS. Saya ingin mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi Covid-19," kata Budi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x