Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Tidak Perlu Terlalu Khawatir Dengan Varian Baru Virus Covid-19

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 12:53 WIB
who-tidak-perlu-terlalu-khawatir-dengan-varian-baru-virus-covid-19
Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berada di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JENEWA, KOMPAS TV - Organisasi Kesehatan Dunia WHO memperingatkan untuk tidak terlalu khawatir atas varian baru virus Covid-10 yang terdeteksi di Inggris, dengan mengatakan ini adalah bagian normal dari evolusi pandemi. Demikian laporan Nikkei yang mengutip Reuters.

Pejabat WHO bahkan memberikan pandangan positif pada penemuan strain baru yang meningkatkan kekuatiran banyak negara dan memberlakukan pembatasan perjalanan dari dan ke Inggris serta Afrika Selatan, dengan mengatakan hal ini menunjukkan bahwa peralatan untuk melacak perkembangan virus berfungsi dengan baik.

“Kami harus menemukan keseimbangan. Sangat penting untuk memiliki transparansi, sangat penting untuk memberi tahu publik apa adanya, tetapi penting juga untuk menyampaikan bahwa ini adalah bagian normal dari evolusi virus," Kepala Urusan Darurat WHO Mike Ryan mengatakan hal tersebut dalam pertemuan online seperti dilaporkan Reuters.

Baca Juga: Indonesia Kejar Pengadaan Vaksin Corona dari COVAX WHO

“Mampu melacak virus sedekat ini, dengan hati-hati, secara ilmiah dalam waktu nyata ini merupakan perkembangan positif yang nyata bagi kesehatan masyarakat global, dan negara yang melakukan jenis pengawasan ini harus dipuji.” Tambah Ryan.

Mengutip data dari Inggris, Mike Ryan mengatakan WHO belum memiliki bukti varian itu membuat orang lebih sakit atau varian itu lebih mematikan daripada jenis Covid-19 yang ada, meskipun tampaknya menyebar lebih cepat.

Negara-negara yang memberlakukan pembatasan perjalanan bertindak karena mereka sangat berhati-hati saat menilai risiko, kata Ryan, seraya menambahkan “Itu bijaksana. Namun penting juga bagi setiap orang untuk mengetahui bahwa ini (kemunculan varian baru) terjadi, varian ini (memang alamiah) muncul, "

Pejabat WHO itu mengatakan mutasi virus Covid-19 sejauh ini jauh lebih lambat dibandingkan dengan influenza dan bahkan, varian baru virus Covid-19 yang terdeteksi di Inggris laju penularannya lebih rendah dibanding penyakit lain seperti gondongan.

Baca Juga: Hong Kong Hentikan Penerbangan dari Inggris Untuk Hindari Varian Baru Virus Corona

Mereka mengatakan vaksin yang dikembangkan untuk memerangi Covid-19 saat ini tentu juga akan menangani varian yang baru terdeteksi, meskipun pemeriksaan sedang dilakukan untuk memastikan hal ini.

“Sejauh ini, meskipun kami telah melihat sejumlah perubahan, sejumlah mutasi, tidak ada yang membuat dampak signifikan baik pada kerentanan virus terhadap terapi yang digunakan saat ini, obat-obatan atau vaksin yang sedang dikembangkan, dan kita berharap bahwa ini akan terus terjadi, ”Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengatakan pada pengarahan tersebut.

WHO mengatakan pihaknya mengharapkan untuk mendapatkan rincian lebih lanjut dalam beberapa hari atau minggu tentang potensi dampak dari jenis virus korona baru yang sangat mudah menular.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x