Kompas TV TALKSHOW rosi

Makna Gratis Vaksin Covid-19 - ROSI

Sabtu, 19 Desember 2020 | 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemberian vaksin Covid-19 secara gratis dilakukan secara bertahap pada awal tahun 2020.

Presiden Joko Widodo menyatakan tahapan vaksinasi akan dimulai pada Januari 2021 dan terus berjalan hingga mencapai angka 70 persen atau 182 juta penduduk.

Untuk itu jugalah pemerintah telah mengatur vaksinasi kepada penduduk secara bertahap. Termasuk prioritas penduduk yang lebih dulu mendapat vaksin.

"Bayangkan nyuntik vaksin 182 juta orang, sehari bisa dapat berapa, butuh berapa bulan. Sehingga kita tetap masih menunggu waktu untuk kembali pada kondisi normal lagi," ujar Presiden Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Presiden menambahkan pada Januari nanti tidak semua kalangan mendapat vaksin Covid-19.

Misalnya anak-anak belum masuk penduduk yang mendapatkan vaksinasi lantaran vaksin yang sudah lewat uji klinis ini tak diperuntukkan bagi anak-anak.

Namun jika suatu lingkungan 70 persen penduduknya sudah divaksin, maka tak jadi persoalan seandainya 30 persen penduduk lainnya tidak ikut divaksin.

Dalam kondisi tersebut, dapat dipastikan lingkungan sudah bebas dari virus.

"Sudah divaksin 70 persen, yang 30 persen tidak divaksin sudah aman karena itu kita ingin mengacu pada yang namanya herd immunity," ujar Presiden Jokowi.

Meski rencana vaksinasi sudah semakin dekat, Presiden Jokowi meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

#RosiKompasTV #VaksinCorona #VaksinCoronaIndonesia 

Penulis : Anas Surya




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:03
GUBERNUR DIY SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO X PERPANJANG MASA PPKM MIKRO   DALAM SIDANG PRAPERADILAN KEDUA, TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB SEBUT PENANGKAPAN DAN PENAHANAN KLIENNYA TIDAK SAH   SETELAH DITUNDA DUA KALI, SIDANG PRAPERADILAN KEDUA YANG DIAJUKAN TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB DIGELAR HARI INI   PEMERINTAH TARGETKAN VAKSINASI ASN DI SELURUH WILAYAH INDONESIA AKAN SELESAI BULAN JUNI MENDATANG   PULUHAN TAMU YANG IKUT BERJOGET DENGAN WALI KOTA BLITAR TANPA MASKER HARI INI MENJALANI TES CEPAT ANTIGEN   AHY DATANGI KANTOR KEMENKUMHAM UNTUK TUNJUKKAN BUKTI KLB PARTAI DEMOKRAT DI DELI SERDANG TIDAK SAH   BERSAMA 34 KETUA DPD PARTAI DEMOKRAT, AGUS HARIMURTI YUDHOYONO HARI INI DATANGI KANTOR KEMENKUMHAM   KEMENTERIAN KESEHATAN SEBUT TAK ADA VAKSINASI COVID-19 YANG DISELENGGARAKAN DI RUMAH   KEMENKES SEBUT MAHASISWA AKAN MENERIMA SUNTIKAN VAKSIN COVID-19 BERSAMAAN DENGAN KELOMPOK MASYARAKAT UMUM   DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA TAMBAH 10 RUMAH SAKIT LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI LANSIA   POLRI GELAR VAKSINASI COVID-19 UNTUK 2.282 PURNAWIRAWAN POLISI   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN PASTIKAN TAHANAN KASUS YANG DITANGANI OLEH KEJAGUNG DAPAT VAKSIN COVID-19   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN SEBUT, SELAIN KARYAWAN, SEKITAR 30 ORANG TAHANAN KEJAKSAAN AGUNG JUGA IKUT DIVAKSIN   VAKSINASI PEJABAT DAN KARYAWAN KEJAKSAAN AGUNG REPUBLIK INDONESIA DILAKSANAKAN HARI INI DI KANTOR KEJAKSAAN AGUNG