Kompas TV bbc bbc indonesia

Sejumlah Klaim yang Salah dari Politisi Dunia Soal Virus Corona

Sabtu, 19 Desember 2020 | 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kita tahu bahwa virus korona telah menghasilkan industri klaim yang benar-benar baru, tetapi beberapa berasal dari tokoh politik terkemuka. Berikut ini beberapa di antaranya.

Mari kita mulai dengan orang terkuat di dunia. Dalam beberapa minggu, Presiden Trump berubah dari mengecilkan virus corona menjadi menyebutnya pandemi. Dia juga menyiratkan bahwa masker bedah telah dicuri dalam jumlah besar dari rumah sakit di New York, sebagai cara untuk menjelaskan meningkatnya permintaan mereka.

Tetapi tidak ada bukti pencurian yang meluas, dan jika lebih banyak pasien membanjiri dan unit perawatan intensif penuh karena penyakit menular baru tanpa vaksin, Anda akan membutuhkan lebih banyak peralatan pelindung agar memiliki kesempatan untuk mengatasinya. .

Di negara lainnya, pemimpin nasionalis Italia Matteo Silvini telah memberi tahu para pendukungnya bahwa China menciptakan virus corona baru di laboratorium. Itu klaim palsu lainnya tetapi telah dibagikan secara luas di media sosial. Sekali lagi, para ilmuwan yakin bahwa ini bukanlah virus buatan manusia.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro disensor oleh Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube karena menyebarkan informasi palsu. Mereka menghapus postingan video di mana dia mengklaim bahwa obat anti-malaria Hydroxychloroquine sangat efektif dalam mengobati Covid-19. Faktanya, ada banyak uji coba dan ini telah digunakan secara eksperimental, tetapi efek keseluruhan dari obat tersebut benar-benar belum terbukti.

Seorang politisi senior India, Subramanian Swamy, melaporkan bahwa covid-19 di India adalah mutasi yang kurang ganas yang dapat ditahan oleh mekanisme pertahanan tubuh manusia secara lebih efektif. Tapi bukan itu yang dikatakan para ahli. Semua virus bermutasi, tetapi para ilmuwan belum menemukan variasi apa pun tentang seberapa mematikan covid-19.

Penulis : Sadryna Evanalia





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:49
WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA MENPAN RB TINDAK TEGAS ASN YANG TERBUKTI BERAFILIASI DENGAN JARINGAN TERORIS   KLHK MINTA MASYARAKAT BERKONTRIBUSI DALAM USAHA MENJAGA LINGKUNGAN DENGAN KURANGI TIMBUNAN SAMPAH    KEMENKOMINFO DORONG PEREMPUAN INDONESIA UNTUK BERINOVASI MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL   SATGAS SEBUT VARIAN VIRUS KORONA B.1.617 ATAU MUTASI GANDA INDIA BELUM DITEMUKAN DI RI   BUPATI SLEMAN MINTA ASN LAKUKAN “BORONG BARENG” PRODUK UMKM LOKAL   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: INDONESIA WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SEPERTI INDIA   PEMKOT BATAM SIAPKAN ASRAMA HAJI UNTUK KARANTINA PEKERJA MIGRAN INDONESIA DARI MALAYSIA DAN SINGAPURA   SATGAS: VAKSINASI COVID-19 DI BULAN RAMADAN AMAN DAN TIDAK BATALKAN PUASA   SATGAS INGATKAN WARGA DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN MESKI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   SATGAS: TES COVID-19 DENGAN GENOSE SUDAH TERSEDIA DI 12 BANDARA   PT JASA MARGA KEMBALI LANJUTKAN PEKERJAAN REKONSTRUKSI TOL JAKARTA-CIKAMPEK    SATGAS: TIDAK MUDIK LINDUNGI KELUARGA DI KAMPUNG HALAMAN DARI COVID-19   MENSOS MINTA PENGELOLA GEDUNG LOGISTIK KEMENSOS DAPAT KELOLA STOK BANTUAN SECARA DIGITAL   MENTERI KETENAGAKERJAAN TEGASKAN BERKOMITMEN MEMBERI PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA PEREMPUAN