Kompas TV bbc bbc indonesia

Sejumlah Klaim yang Salah dari Politisi Dunia Soal Virus Corona

Kompas.tv - 19 Desember 2020, 15:34 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kita tahu bahwa virus korona telah menghasilkan industri klaim yang benar-benar baru, tetapi beberapa berasal dari tokoh politik terkemuka. Berikut ini beberapa di antaranya.

Mari kita mulai dengan orang terkuat di dunia. Dalam beberapa minggu, Presiden Trump berubah dari mengecilkan virus corona menjadi menyebutnya pandemi. Dia juga menyiratkan bahwa masker bedah telah dicuri dalam jumlah besar dari rumah sakit di New York, sebagai cara untuk menjelaskan meningkatnya permintaan mereka.

Tetapi tidak ada bukti pencurian yang meluas, dan jika lebih banyak pasien membanjiri dan unit perawatan intensif penuh karena penyakit menular baru tanpa vaksin, Anda akan membutuhkan lebih banyak peralatan pelindung agar memiliki kesempatan untuk mengatasinya. .

Di negara lainnya, pemimpin nasionalis Italia Matteo Silvini telah memberi tahu para pendukungnya bahwa China menciptakan virus corona baru di laboratorium. Itu klaim palsu lainnya tetapi telah dibagikan secara luas di media sosial. Sekali lagi, para ilmuwan yakin bahwa ini bukanlah virus buatan manusia.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro disensor oleh Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube karena menyebarkan informasi palsu. Mereka menghapus postingan video di mana dia mengklaim bahwa obat anti-malaria Hydroxychloroquine sangat efektif dalam mengobati Covid-19. Faktanya, ada banyak uji coba dan ini telah digunakan secara eksperimental, tetapi efek keseluruhan dari obat tersebut benar-benar belum terbukti.

Seorang politisi senior India, Subramanian Swamy, melaporkan bahwa covid-19 di India adalah mutasi yang kurang ganas yang dapat ditahan oleh mekanisme pertahanan tubuh manusia secara lebih efektif. Tapi bukan itu yang dikatakan para ahli. Semua virus bermutasi, tetapi para ilmuwan belum menemukan variasi apa pun tentang seberapa mematikan covid-19.





Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x