Kompas TV nasional politik

Cenderung Aklamasi, Menteri Suharso Monoarfa Selangkah Lagi Jadi Ketum PPP

Kompas.tv - 19 Desember 2020, 11:12 WIB
cenderung-aklamasi-menteri-suharso-monoarfa-selangkah-lagi-jadi-ketum-ppp
Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, sumber: Tribunnews
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pelaksanaan Muktamar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) IX di Makassar, Sulawesi Selatan, yang salah satu agendanya memilih Ketua umum,  tidak menimbulkan gejolak. 

Selain karena mekanisme Muktamar diselenggarakan di 10 daerah, yaitu Makassar, Padang, Semarang, Surabaya, Medan, Manado, Palembang, Balikpapan, Bogor, dan Tangerang, juga karena ada kecenderungan aklamasi.

Menurut Wakil Ketua Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC) Muktamar IX PPP, Syaifullah Tamliha mengatakan, calon ketua umum PPP sampai sekarang ada dua nama, Suharso Monoarfa dan Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). 

Baca Juga: Laporan Dugaan Gratifikasi Suharso Monoarfa Masuk Tahap Verifikasi dan Telaah

Suharso Monoarfa adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Kepala Bappenas) yang saat ini menjabat Plt Ketua Umum PPP,   sedangkan Taj Yasin adalah wakil gubernur Jawa Tengah berpasangan dengan Ganjar Pranowo. 


"Masih dua, tapi nanti dilihat saja saat pemilihan, kalau pemilihannya satu nama. Misalnya, Pak Suharso, ya aklamasi," ucap Syaifullah, Sabtu (19/12/2020). 


Menurutnya, kecenderungan pemilihan pucuk pimpinan partai secara aklamasi, saat ini memang sudah terlihat.

"Ada cenderung aklamasi. Nanti tidak hanya memilih ketua umum, tapi juga memilih formatur PPP," ucap Syaifullah. Bila aklamasi, maka pemilihan ketua umum diperkirakan akan berjalan cepat.

Baca Juga: Pidato Lengkap Jokowi di Pembukaan Muktamar IX PPP


Dijadwalkan sore nanti, pemilik suara akan memilih calon ketua umum PPP. 


Saat pembukaan muktamar IX pada Jumat (18/12/2020) malam, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa meminta seluruh kader untuk bersatu memenangkan Pemilu 2024. 

"Kepada seluruh kader PPP, Muktamar IX adalah kick off kita untuk persiapan dini memenangkan Pemilu 2024 dan memenangkan Indonesia," ucap Suharso. 

Menurutnya, semangat dari kader PPP untuk memenangkan Pemilu 2024 juga dituangkan dalam tema muktamar pada tahun ini, yaitu "Merawat Persatuan dengan Pembangunan".

"Ini akan menjadi tema perjuangan PPP menuju Pemilu 2024. Kami akan meneguhkan sikap dalam bagian penting dari kegiatan membangun untuk merawat persatuan," kata Suharso


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x