Kompas TV internasional kompas dunia

FDA Amerika Serikat Resmi Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Buatan Moderna

Kompas.tv - 19 Desember 2020, 09:15 WIB
fda-amerika-serikat-resmi-setujui-penggunaan-darurat-vaksin-covid-19-buatan-moderna
Seorang perawat sedang menyiapkan vaksin Covid-19 buatan Moderna bagi peserta uji klinis bulan Juli lalu (Sumber: AP Photo/Hans Pennink)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON, KOMPAS TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat FDA resmi mengesahkan ijin penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Moderna dan National Institutes of Health. Langkah ini menandai otorisasi pertama di dunia untuk vaksin Moderna, demikian dilaporkan Associated Press pada Sabtu (19/12/2020) tidak lama setelah FDA resmi menyetujui vaksin tersebut.

Persetujuan FDA menambah kekuatan Amerika Serikat untuk melawan wabah mengerikan yang merenggut 3,000 nyawa manusia setiap hari.

Vaksin yang sangat dibutuhkan itu akan tiba Senin (21/12/2020) setelah Food and Drug Administration FDA mengesahkan peluncuran darurat vaksin yang dikembangkan oleh Moderna Inc. dan National Institutes of Health.

Vaksin Covid-19 buatan Moderna ini ini sangat mirip dengan vaksin buatan Pfizer dan BioNTech Jerman yang sekarang disuntikkan kepada jutaan tenaga kesehatan dan penghuni panti jompo di seluruh Amerika Serikat, pada pelaksanaan program vaksinasi terbesar dalam sejarah AS.

Baca Juga: Panel Pakar AS Rekomendasikan Persetujuan Darurat Vaksin Covid-19 Buatan Moderna

Keduanya (vaksin) bekerja "lebih baik dari yang kami harapkan," Direktur NIH Dr. Francis Collins mengatakan kepada Associated Press. “Sains bekerja di sini, dan sains telah melakukan sesuatu yang luar biasa.”

Hasil awal dari penelitian yang belum selesai ini menunjukkan bahwa kedua vaksin tampak aman dan sangat protektif meskipun Moderna lebih mudah ditangani karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat beku.

Vaksin kedua mewakili secercah harapan di tengah keputusasaan karena virus terus menyebar tanpa henti bahkan sebelum liburan akhir tahun di Amerika Serikat yang pasti akan memicu wabah lebih lanjut.

Moderna mengharapkan antara 100 juta dan 125 juta dosis tersedia secara global dalam tiga bulan pertama tahun 2021, dengan 85-100 juta di antaranya dialokasikan untuk AS.

Bahkan dengan kandidat tambahan yang sedang dikerjakan, tidak akan cukup untuk seluruh pupulasi hingga musim semi, karena itu suntikan vaksinasi untuk sementaa akan dijatah sesuai prioritas yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Disiarkan Langsung di TV, Wapres AS Mike Pence dan Istri Disuntik Vaksin Covid-19

Sementara petugas kesehatan dengan antusias melakukan vaksinasi, pihak berwenang khawatir masyarakat mungkin membutuhkan lebih banyak jaminan untuk memastikan lebih banyak orang bersedia disuntik vaksin saat tiba giliran mereka.

“Terus terang jika kami tidak berhasil mendapatkan sekitar 80% atau lebih orang Amerika diimunisasi terhadap COVID-19 pada pertengahan tahun 2021 ini, kami memiliki risiko bahwa epidemi ini dapat terus berlanjut,” kata Collins.

Dia sangat prihatin apakah informasi akurat tentang virus dan vaksin Covid-19 bisa sampai dan diterima komunitas kulit berwarna.

Komunitas minoritas di Amerika Serikat seperti warga kulit hitam dan latin selama ini terpukul parah oleh COVID-19, namun mereka juga waspada setelah bertahun-tahun terjadi kesenjangan perawatan kesehatan dan penyalahgunaan penelitian



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x