Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Reshuffle Kabinet, Jokowi Pilih Risma? - Opini Budiman

Kompas.tv - 19 Desember 2020, 09:01 WIB
Penulis : Aryo bimo

Perombakan Kabinet Indonesia Maju tampaknya bakal menjadi kenyataan. Dua Menteri Presiden Jokowi yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi memaksa Presiden Jokowi untuk mengganti kedua Menteri itu atau malah merombak Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, orang kepercayaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ditangkap KPK atas tuduhan menerima suap ekspor benur. Edhy ditangkap begitu mendarat dari Amerika Serikat, 25 November 2020.

Dia bersama staf khususnya ditangkap setelah berbelanja barang mewah di Amerika.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, sebagaimana dikatakan Hasjim Djojohadikusumo, sangat kecewa dengan perilaku Edhy.

Pos Menteri KKP yang kosong sejak 25 November, dijabat sementara oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Belum reda penangkapan Edhy, KPK kembali menangkap Menteri Sosial Juliari Batubara. 5 Desember 2020, politisi PDIP ini ditangkap karena menerima suap dari progam sembako pada masa pandemi. Juliari disebut mengutip pungutan Rp 10.000,- per satu paket sembako.

Pos Menteri Sosial - Kementerian kunci untuk menyalurkan bantuan, kini juga kosong dan dirangkap Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Efendi.

Kedua pos menteri yang kosong ini selayaknya segera diisi. Berdasarkan konstitusi, para menteri adalah pembantu presiden. Siapapun yang ditunjuk jadi menteri adalah hak prerogatif presiden.

Sebagaimana diungkapkan ketua DPD PSI Surabaya Yusuf Lakaseng yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini sebagai kandidat mensos.

"Informasi yang saya bilang valid dari sumber valid yang saya dapat. Bu Risma kemungkinan akan jadi mensos, pak Jokowi sudah menelepon bu Risma, kita tunggu aja," ujar Yusuf pada 14 Desember 2020.

Jabatan Risma sebagai Walikota Surabaya akan berakhir tanggal 21 Februari 2021.

Namun, itu dibantah politisi PDIP yang menyebut menteri dari PDIP ada di kantong ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sedangkan Risma ketika ditanya menyebut dirinya ikut bu Mega.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.