Kompas TV regional berita daerah

Tekan Kasus Baru Covid-19, Edukasi Protokol Kesehatan Lewat Lagu dan Mengunjungi Rumah Warga

Kompas.tv - 18 Desember 2020, 11:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Dua orang ibu yang berprofesi sebagai Polwan dan kepala puskesmas di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur tak henti-hentinya mengedukasi masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan. Ibu polwan mengedukasi lewat lagu, sedangkan ibu kepala puskesmas memberikan edukasi saat membagikan abate.

Ibu polwan tersebut adalah Brigpol Vicky Hartinanda Muin. Ia saat ini bertugas di bagian administrasi sumda Polres Bangkalan. Bertugas di tengah  pandemi Covid-19 membuat polisi wanita ini tak henti - hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, terutama selalu memakai marker.

Edukasi dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui lagu. Ia setiap hari menyebarkan file lagu tersebut ke masyarakat melalui media sosial, seperti WhatsApp.

Selain ke masyarakat, ibu muda ini juga selalu mengingatkan keluarganya untuk disiplin menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ia juga tidak lupa memberikan menu makanan bergizi kepada keluarga agar tetap sehat.

Baca Juga: Kampanyekan Protokol Kesehatan Melalui Motif Batik Corona

Hal yang sama juga dilakukan oleh Nur Hotibah, kepala puskesmas Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Di tengah kesibukannya membagikan abate untuk antisipasi demam berdarah di rumah warga, ia juga menyelipkan pesan pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

Ia beserta stafnya mendatangi satu persatu rumah warga untuk membagikan bubuk abate dan masker. Ia juga mengingatkan warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan hidup sehat. Pasalnya musim hujan saat ini cukup beresiko, selain ada ancaman demam berdarah, juga ada ancaman virus  corona.

Selain kepada warga, Nur Hotibah juga tidak henti-hentinya mengingatkan seluruh pegawai puskesmas untuk patuh pada protokol kesehatan. Hal tersebut penting dilakukan,  karena tenaga kesehatan rentan terpapar virus corona.

 

#PesanIbu #ProtokolKesehatan #LawanCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.