Kompas TV regional berita daerah

UU Cipta Kerja Beri Kepastian Hukum Perlindungan PHK Bagi Buruh

Selasa, 15 Desember 2020 | 13:53 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Meski masih menuai pro dan kontra, sebenarnya UU tentang Cipta Kerja memberi kepastian hukum,salah satunya terkait dengan perlindungan PHK bagi buruh. UU Cipta Kerja juga diharapkan mampu menyerap tenaga kerja, kemudahan berinvestasi dan munculnya peluang wirausaha baru.

Hal tersebut diungkapkan mediator hubungan industrial Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah, Adi Nugroho, disela-sela diskusi tentang UU Cipta Kerja yang di hadiri perwakilan buruh, pengusaha, mahasiswa dan akademisi yang di selenggarakan Pemuda Merah Putih Jawa Tengah di Semarang.

Menurut Adi Nugroho, salah satu kepastian hukum itu adalah terkait dengan perlindungan PHK bagi buruh, dimana dalam UU itu diatur secara jelas sanksi bagi pengusaha yang tidak membayar pesangon.

Adi menambahkan, tujuan lain dikeluarkannya UU Cipta Kerja lebih kepada kemudahan perijinan investasi, penyerapan tenaga kerja yang diharapkan semakin banyak, dan peluang kewirausahaan baru serta UMKM.

Sementara itu, pakar hukum Undip Muhammad Azhar menyatakan omnibuslaw sebetulnya dari awal bertujuan untuk memangkas tumpang tindih peraturan perundang- undangan di Indonesia. Kemudian pada prosesnya dikembangkan untuk mengatasi persoalan pengagguran walaupun diwarnai kontroversi. Menurut Azhar, omnibuslaw juga mempunya sisi positif bagi pengusaha, misal upah minimum sektoral dihapus, kemudian UMK di tetapkan bersyarat berdasarkan pertumbuhan ekonomi daerah dan inflansi kabupate-kota.

#UUCiptaKerja #DisnakertransProvinsiJawaTengah #Omnibuslaw

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:33
BMKG: CUACA JABODETABEK DIPENGARUHI SIRKULASI SIKLONIK DI SAMUDRA HINDIA BARAT BENGKULU YANG PICU AWAN HUJAN   BMKG PASTIKAN SIKLON TROPIS SURIGAE TAK PENGARUHI CUACA DI WILAYAH JABODETABEK   KEMKOMINFO TARGETKAN 1,5 JUTA WARGA JAWA TIMUR AKAN TERLITERASI DIGITAL HINGGA 2024   KEMENKES MENYATAKAN BELUM MENDAPATKAN HASIL UJI PRAKLINIS VAKSIN NUSANTARA   LBM EIJKMAN TARGETKAN VAKSIN MERAH PUTIH DAPAT IZIN BPOM PADA PERTENGAHAN 2022   ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG JELANG LARANGAN MUDIK, PT KAI AKAN OPERASIKAN KERETA LUAR BIASA   HUMAS PT KAI DAOP I MENYATAKAN TAK ADA PENAMBAHAN KERETA HINGGA PEKAN PERTAMA BULAN RAMADAN   HUMAS PT KAI DAOP I EVA CHAIRUNISA SEBUT JUMLAH PENUMPANG DALAM SATU PEKAN TERAKHIR MASIH NORMAL   LARANGAN MUDIK, JUMLAH PENUMPANG YANG BERANGKAT PADA SABTU MALAM JAUH LEBIH SEDIKIT DIBANDING PAGI-SIANG    PRESIDEN JOKOWI: AHLI PERENCANAAN BANGUNAN HARUS BISA MEMBANGUN TEMPAT HIDUP YANG NYAMAN BAGI MASYARAKAT    BERI SAMBUTAN DI HUT KE-50 IKATAN AHLI PERENCANAAN, PRESIDEN INGATKAN PERENCANAAN BUKAN HANYA MEMBANGUN BANGUNAN   BENNY SUSETYO: IDEOLOGI PANCASILA PERLU DIAJARKAN KEMBALI DI DUNIA PENDIDIKAN MULAI PAUD SAMPAI PERGURUAN TINGGI    STAFSUS KETUA DEWAN PENGARAH BPIP BENNY SUSETYO: REVISI PP NO 57 TAHUN 2021 HENDAKNYA MENGACU PADA IDEOLOGI PANCASILA   SAAT LEBARAN, PEMPROV JATIM IZINKAN PERJALANAN KE GRESIK, BANGKALAN, MOJOKERTO, SURABAYA, SIDOARJO, DAN LAMONGAN