Kompas TV regional hukum

Bupati Bogor Diperiksa Polda Jabar soal Kerumunan Rizieq Shihab di Megamendung

Kompas.tv - 15 Desember 2020, 12:51 WIB
bupati-bogor-diperiksa-polda-jabar-soal-kerumunan-rizieq-shihab-di-megamendung
Bupati Bogor Ade Yasin saat ditemui usai rapat evaluasi di kantornya, Senin (12/10/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN)
Penulis : Fadhilah

BANDUNG, KOMPAS.TV - Bupati Bogor Ade Yasin mendatangi Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat (Jabar) hari ini, Selasa (15/12/2020).

Dia datang memenuhi panggilan polisi untuk dimintai keterangan sebagai saksi terkait dengan kerumunan acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor.

Ade yang mengenakan pakaian dan kerudung merah itu masuk ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar bersama sejumlah orang.

Baca Juga: Bupati Bogor Ade Yasin Siap Penuhi Pemeriksaan soal Kerumunan Rizieq Shihab di Megamendung

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, Ade tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat ini Ade tengah dimintai keterangan terkait kerumunan pada acara yang dihadiri Rizieq Shihab beberapa waktu lalu di Bogor.

"Yang bersangkutan masih dalam memberikan keterangan di Ditkrimum Polda Jabar. Sudah datang dan masih berlangsung," ujar Erdi di Mapolda Jabar, Senin (15/12/2020), dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, penyidik nanti bakal meminta keterangan seputar kebijakan bupati. "Ini fokus masalah Megamendung," tuturnya.

Seperti diketahui, sebelumnya dalam proses pendalaman, Ade tak penuhi panggilan penyidik lantaran sakit karena terpapar Covid-19.

Setelah kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan ini naik menjadi penyidikan, Ade kembali dipanggil setelah diinformasikan kesehatannya membaik.

Adapun pemanggilan Ade dilakukan hari ini, Senin (15/12/2020).

Baca Juga: Polda Jabar Tidak Terpengaruh Penetapan Tersangka Rizieq, Kasus Megamendung Masih Berjalan


FPI Tolak Pemeriksaan

Terpisah, kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar menyatakan bahwa Rizieq Shihab menolak untuk diperiksa sebagai saksi dalam lanjutan kasus kerumunan di Megamendung Bogor.

Aziz menambahkan bahwa Rizieq Shihab saat ini ingin lebih fokus menyelesaikan kasusnya di Polda Metro Jaya, yakni kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan putrinya di Petamburan dan juga soal penghasutan.

"Habib Rizieq fokus kepada kasus yang dipermasalahkan di Polda Metro itu. Habib tidak siap untuk diperiksa sebagai saksi di kasus yang di Jawa Barat," jelas Aziz.

Baca Juga: Isi Surat Rizieq Shihab dari Penjara untuk Keluarga

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x