Kompas TV bisnis kebijakan

Pemerintah Siap 2,8 Juta Lapangan Kerja di Tahun 2021 untuk Sektor Padat Karya

Sabtu, 12 Desember 2020 | 07:00 WIB
pemerintah-siap-2-8-juta-lapangan-kerja-di-tahun-2021-untuk-sektor-padat-karya
omite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) telah menyiapkan sebanyak 2,8 juta lapangan kerja di tahun 2021. (Sumber: Dok Kemenko Perekonomian)

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) telah menyiapkan sebanyak 2,8 juta lapangan kerja di tahun 2021. Lapangan kerja ini dibuka untuk sektor padat karya.

Hal ini diungkap Sekretaris Eksekutif I KPC-PEN Raden Pardede dalam safari diskusi kampus bertema ‘Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Peningkatan Daya Saing Sektor Ketenagakerjaan’ di Universitas Lampung, Kota Lampung, Kamis (10/12/2020).

Pembukaan lapangan kerja di sektor padat karya tersebut, merupakan satu dari dua program yang digagas pemerintah untuk pemulihan ekonomi.

“Pertama, program padat karya pada tahun 2021, seperti melakukan perbaikan selokan dan lingkungan perumahan. Selain itu, perbaikan kepada seluruh bantaran sungai di Jawa maupun Sumatera. Sehingga terdapat sekitar 2,8 juta lapangan kerja untuk menyangga sementara selama 1-2 tahun,” ujar Raden Pardede.

Baca Juga: Pemerintah Serap Aspirasi Rakyat Soal UU Cipta Kerja di 15 Kota Secara Paralel

Kedua, program UMKM. Pemerintah akan memberikan kemudahan akses pemodalan, akses terhadap pasar dan skill manajemen yang juga ditunjang oleh keberadaan UU Cipta Kerja.

Utamanya KPCPEN mengusulkan pada pemerintah untuk melanjutkan program bantuan pada UMKM hingga tahun depan.

Penulis : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Agama

Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa

Jumat, 16 April 2021 | 22:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:21
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   SESI LATIHAN BEBAS 1 MOTOGP PORTUGAL: VINALES TERCEPAT DISUSUL ALEX RINS DAN MARC MARQUEZ   KEMENTERIAN KEUANGAN AKAN AUDIT SEMUA ASET TMII YANG MENCAPAI RP 20,5 TRILIUN   POLISI MASIH BURU TIGA TERDUGA TERORIS YANG MASUK DPO DI JAKARTA DAN SEKITARNYA   POLRI: BURONAN KASUS DUGAAN TERORISME SAIFUL BASRI MENYERAHKAN DIRI KE POLSEK PASAR MINGGU, JAKSEL   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA BNPT DAN PPATK LACAK DUGAAN TRANSAKSI GELAP YANG DILAKUKAN JARINGAN TERORISME   BANTU PENUHI KEBUTUHAN RUMAH PRAJURIT, TNI JALIN KEMITRAAN DENGAN BANK PEMERINTAH   KPK BUKA PENYIDIKAN BARU DAN TPPU KASUS SUAP PENGURUSAN PERKARA EKS PETINGGI LIPPO GROUP EDDY SINDORO    MENLU RETNO MARSUDI TOLAK PENIMBUNAN DAN POLITISASI VAKSIN COVID-19   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA MINTA MASYARAKAT TAK MUDIK COLONGAN SEBELUM LARANGAN MUDIK BERLAKU 6-17 MEI 2021   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO TARGETKAN WISATAWAN MANCANEGARA BISA KEMBALI BERWISATA KE BALI TAHUN INI   SATGAS COVID-19 MENYATAKAN MOBILITAS WARGA JAKARTA MELONJAK SEOLAH PENYEBARAN COVID-19 HILANG   KPPU AKAN CEK LONJAKAN HARGA TAK WAJAR TELUR DAN DAGING AYAM DI SEJUMLAH DAERAH SELAMA BULAN RAMADAN   PRESIDEN JOKOWI: PELARANGAN MUDIK UNTUK CEGAH MELUASNYA PENYEBARAN COVID-19