Kompas TV nasional politik

Soal Fenomena Rizieq Shihab karena Kekosongan Pemimpin, Mahfud MD: Menurut Saya, Jusuf Kalla Betul

Kompas.tv - 12 Desember 2020, 05:00 WIB
soal-fenomena-rizieq-shihab-karena-kekosongan-pemimpin-mahfud-md-menurut-saya-jusuf-kalla-betul
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menanggapi pernyataan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait fenomena dukungan terhadap pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab.

Jusuf Kalla diketahui beberapa waktu lalu, mengatakan hal tersebut bisa terjadi karena adanya kekosongan pemimpin.

Menurut Mahfud MD, apa yang dikatakan Jusuf Kalla memang betul. Bahkan bukan hanya Jusuf Kalla yang mengatakan demikian. 

Baca Juga: Sabtu Pagi Ini, Habib Rizieq Shihab Akan Datangi Polda Metro Jaya

Mahfud MD sendiri mengaku sudah mengatakan hal tersebut dua tahun lalu sebelum menjabat Menko Polhukam.

“Itu sebelum Pak Jusuf Kalla mengatakan seperti itu, dua tahun lalu sudah saya katakan. Bisa dilihat di jejak digital saya sudah mengatakan itu dulu,” kata Mahfud MD kepada Claudius Boekan yang dikutip dari tayangan Youtube BeritaSatu pada Jumat (11/12/2020).

Mahfud MD menjelaskan, fenomena dukungan kepada Rizieq Shihab ini terjadi lantaran orang-orang marah karena banyak ketidakadilan. 

Lalu, masyarakat seperti sedang mencari seorang figur yang berani melakukan apa yang disebut Mahfud sebagai mendobrak kebatilan. Figur tersebut kemudian diwakili oleh Rizieq Shihab.

Baca Juga: Rizieq Shihab Dijerat Pasal Penghasutan, Terancam 6 Tahun Penjara

“Sebenarnya orang (masyarakat) ini marah karena banyaknya ketidakadilan dan orang sedang mencari figur yang berani menyatakan melakukan nahi munkar namanya mendobrak kebatilan,” ujar Mahfud MD.

“Itu kemudian diwakili oleh Habib Rizieq, nah yang lain hanya melakukan amar ma'ruf dengan menasihati. Sehingga, menurut saya betul Pak Jusuf Kalla.”

Walaupun demikian, Mahfud MD menilai, masyarakat yang mendukung itu bukan serta merta lantas menjadi pengikut Rizieq Shihab. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x