Kompas TV nasional pilkada serentak

LSI: Jika Gibran dan Bobby Menang, Terbentuklah Dinasti Politik Jokowi

Kamis, 10 Desember 2020 | 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti publik tahu, sejumlah kerabat pejabat negara ikut maju di pilkada serentak.

Mulai putra dan menantu presiden, putri wakil presiden, keponakan Menhan, sampai dengan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, menjelaskan istilah kerabat pejabat disematkan ketika masih dalam proses pemilihan, namun ketika kerabat pejabat tersebut berhasil menang, maka terbentuklah sebuah dinasti politik.

"Kalau sekarang benar mereka nanti disahkan KPU sebagai pemenang, maka udah masuk kategori dinasti itu. Karena ada saudara, dua bersaudara minimal memegang jabatan pada saat yang hampir bersamaan atau berturut-turut," ujar Djayadi kepada KompasTV, Kamis (10/12/2020).

Di sisi lain, dari hasil quick count sudah terlihat jika putra dan menantu Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, unggul di Pilkada Surakarta dan Medan.

"Kan menurut hasil beberapa quick count, Bobby di Medan dan Gibran di Solo itu diperkirakan akan menjadi wali kota. Itu berarti sudah terbentuk dinasti baru di Indonesia yaitu dinasti Pak Jokowi. Secara definisi ilmu politik, itu masuk dinasti politik," lanjutnya.

Tapi yang menjadi pertanyaan, meski mereka berasal dari lingkungan penguasa, seberapa besar potensi kemenangan mereka?

Simak pembahasannya bersama Direktur Eksekutif  Charta Politika, Yunarto Wijaya, dan juga Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan.

Penulis : Reny Mardika


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:57
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT