Kompas TV nasional pilkada serentak

Pilkada Tangerang Selatan Selalu Dinilai 'Seksi', Begini Menurut Survei

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 12:35 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah kerabat pejabat Negara turut serta meramaikan pesta demokrasi kali ini untuk memperebutkan kekuasaan sebagai kepala daerah.

Salah satu yang selalu menarik perhatian ialah Pilkada Tangerang Selatan, lantaran para paslon selalu diisi dari tokoh publik sampai keluarga pejabat.

Pada puncaknya di Pilkada 2020, ada tiga paslon yang muncul yang dianggap memiliki 'payung nasional'.

Ada Siti Nur Azizah yang dikenal sebagai putri Wapres KH. Ma'ruf Amin, Rahayu Saraswati sebagai keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Pilar Saga Ichsan merupakan anak dari calon Bupati Serang petahana, Ratu Tatu Chasanah. Sementara Ratu Tatu adalah adik kandung dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah sekaligus ipar dari Wali Kota Tangerang Selatan saat ini, Airin Rachmi Diany.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai justru ada kenaikan partisipasi warga Tangerang Selatan sebesar 60 persen di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Menurut saya itu disebabkan oleh tanda kutip kompetisi yang lumayan keras dari tiga pasang pula ya," ujarnya.

Hasil quick count menunjukkan pasangan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan unggul dari dua paslon lainnya.

Kendati demikian, Yunarto melihat jika ketiga paslon ini memiliki peluang yang besar.

"Incumbent (petahana) ketika kita lakukan survey, sebetulnya tidak istimewa. Ketika kita coba uji kepuasan publik tidak istimewa. Istimewa itu biasanya kepuasan publik di atas 75 persen," ujar Yunarto.

Simak pembahasannya bersama Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dan Calon Wali Kota Tangerang Selatan, Siti Nur Azizah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x