Kompas TV regional berita daerah

Inspiratif! Kedai Kopi Ini Baristanya Mantan Narapidana

Rabu, 9 Desember 2020 | 11:40 WIB

MANADO, KOMPAS.TV-

sebuah kedai kopi di manado sulawesi utara mempekerjakan para mantan narapidana sebagai barista atau penyaji kopi bagi pelanggan // pengelola kedai sengaja melakukan hal ini untuk memberikan kesempatan bagi mantan narapidana untuk menjadi manusia yang lebih baik

Setiap orang tak lepas dari kesalahan atau dosa di masa lalu. Dan setiapnya pula layak mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki atau menebus kesalahannya.

Kalimat ini yang mengilhami berdirinya kedai kopi "second chance" yang berlokasi di kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara.

kedai kopi yang dikelola organisasi sosial "Inspire Indonesia" sengaja mempekerjakan para mantan narapidana sebagai karyawan.
Mereka adalah sejumlah mantan pelaku kriminal yang telah usai menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Manado.

Di kedai kopi ini ada tiga mantan napi yang dipekerjakan sebagai barista. Mereka terlihat terampil meracik dan menyajikan kopi, karena telah dibekali pelatihan sejak masih berada di dalam lapas.
Pengelola kedai kopi sengaja mempekerjakan mantan napi, untuk membantu mereka memperoleh pekerjaan setelah bebas dari hukuman. Harapannya, para napi bisa menatap masa depan yang lebih baik dengan bekerja seperti warga umumnya.
Salah satu mantan napi mengaku senang bisa memperoleh kesempatan untuk bekerja di kedai kopi ini. Ia berharap akan lebih banyak lagi rekannya sesama mantan napi yang bisa dipekerjakan agar mereka tidak terjerumus lagi di dunia hitam.

Kedai kopi Second Chance juga menyajikan konsep caffee yang minimalis, sederhana, dan nyaman. Meski baru di Kota Manado, namun kedai kopi ini mulai ramai dikunjungi warga yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan teluk Manado.

Penulis : Herwanto


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:47
ANGKATAN UDARA ARAB SAUDI GELAR LATIHAN BERSAMA ANGKATAN UDARA AS   FACEBOOK DIDENDA RP 9,2 TRILIUN OLEH PENGADILAN NEGERI BAGIAN UTARA CALIFORNIA GARA-GARA FITUR "TAGGING"   PAUS FRANSISKUS AKAN MEMULAI KUNJUNGAN KEPAUSAN PERTAMANYA DI IRAK PADA JUMAT, 5 MARET 2021   PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   KLHK: KUALITAS UDARA DI KOTA PONTIANAK, KALBAR, TIDAK SEHAT AKIBAT KARHUTLA   REL LAYANG JADI OPSI PEMKOT SOLO ATASI KEMACETAN DI PALANG JOGLO, NUSUKAN, BANJARSARI   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP KRL YOGYAKARTA-SOLO BISA TINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA DAN BISNIS   DINKES KOTA BEKASI TELAH TERIMA 50.700 DOSIS VAKSIN COVID-19 UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI TAHAP DUA   DINKES KOTA BEKASI PERTIMBANGKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP DUA DILAKUKAN SECARA MASSAL   SEBANYAK 1.400 PEDAGANG PASAR DI KOTA TANGERANG, BANTEN, TERIMA VAKSIN COVID-19   SEBANYAK 26.000 WARGA LANSIA DI KECAMATAN KEMBANGAN, JAKBAR, JADI TARGET PESERTA VAKSINASI COVID-19   MENTERI ATR/KEPALA BPN SOFYAN DJALIL: PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) YANG TERLIBAT MAFIA TANAH AKAN DIPECAT   PLT GUBERNUR SULSEL ANDI SUDIRMAN SULAIMAN AKAN EVALUASI SEMUA PROYEK SETELAH NURDIN ABDULLAH DITANGKAP KPK   MENPAN DAN RB TJAHJO KUMOLO: TOTAL KEBUTUHAN ASN UNTUK 2021 SEBANYAK 1,3 JUTA ORANG