Kompas TV regional berita daerah

Temuan Terowongan Air Zaman Belanda

Kompas.tv - 8 Desember 2020, 14:47 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Buleleng, KOMPASTV - Pekerja pembangunan bendungan tamblang, yang berada di desa sawan, buleleng, menemukan saluran air kuno berupa terowongan, dengan panjang empat ratus delapan puluh meter. Terowongan air kuno ini ditemukan saat proses pengerukan lahan bendungan. Terowongan ini berada tepat di dasar pondasi titik inti bendungan tamblang,  terowongan air ini diperkirakan dibangun sejak pada zaman belanda.


 

Terowongan air kono ini ditemukan pada berbagai titik yang ada di sekitar bendungan. Terowongan yang posisinya tepat pembelah dasar pondasi titk inti bendungan/ akan ditutup secara permanen, agar tidak memperngaruhi kontruksi bendungan yang mampu menampung air sebanyak tujuh juta meter kubik. 


 

Terkait dengan temuan peninggalan terowongan air kuno, yang terkait dengan bukti peninggalan irigasi subak jaman dulu/ melalui dinas kebudayaan, pemerintah akan berupaya untuk tetap dipertahankan selama tidak mengganggu kontruksi bendungan.


 

Dinas kebudayaan kabupaten buleleng, selanjutnya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan instansi terkait, untuk penyelematan peninggalan bersejarah terkait sistem irigasi subak yang ada di buleleng.

#sejarah #peninggalanbelanda #terowongankuno




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x