Kompas TV entertainment lifestyle

Libur Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Survei 73 Persen Orang Memilih di Rumah

Kompas.tv - 5 Desember 2020, 09:41 WIB
libur-natal-dan-tahun-baru-kemenhub-survei-73-persen-orang-memilih-di-rumah
Ilustrasi liburan, traveling (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebutkan, dari hasil survei Kemenhub terhadap 1.634 orang ditemukan 73 persennya memilih untuk tidak mudik atau bepergian pada akhir tahun ini.

"73 persen yang tidak ingin melakukan perjalanan ini, beralasan terkait waktu libur yang dipangkas dan juga adanya pandemi Covid-19," ucap Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/12/2020).

Kemudian lanjut Budi, sekitar 27 persen tetap ingin melakukan perjalanan. Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan itu bertujuan untuk pulang ke kampung halaman pada akhir tahun ini.

"Dari 27 persen yang ingin melakukan perjalanan, 40 persen di antaranya mengatakan ingin pulang kampung, 12 persen bertemu dengan saudara, 11 persen melakukan liburan, dan alasan lainnya 37 persen," ujar Budi.

Budi juga menjelaskan, dalam survei tersebut paling banyak yang ingin melakukan perjalanan berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi yang mencapai 31,64 persen.

"Sedangkan tujuan perjalanan terbanyak yakni ke Jawa Tengah sebesar 20,28 persen, Jawa Timur 13,59 persen dan Jawa Barat 10,60 persen," kata Budi.

Meski banyak yang tidak ingin melakukan perjalanan, lanjut Budi, pihaknya bersama stakeholder lain tetap melakukan persiapan koordinasi dan komunikasi untuk mencegah kepadatan.

"Kami tentunya berharap masyarakat semakin sadar, bahwa sekarang ini bukan saatnya untuk melakukan perjalanan karena adanya pandemi Covid-19 yang masih menjadi ancaman," ujar Budi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.