Kompas TV video cerita indonesia

Ustaz Maheer Terancam Penjara 6 Tahun, Karena Unggahan Ini

Kompas.tv - 4 Desember 2020, 12:27 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono menjelaskan rinci alasan Soni Eranata terancam UU ITE. 

"Karena di sini dipastikan postingannya “Iya tambah cantik pake jilbab kayak kyainya Banser ini ya’,” ucap Awi membacakan unggahan Maaher di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020).

Atas unggahan tersebut  Soni Eranata atau yang dikenal sebagai Ustaz Maaher At-Thuwailibi ditangkap.

Maheer dinilai telah menghina, karena kicauannya di Twitter soal tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Habib Luthfi bin Yahya.

Dalam pernyataannya Awi menjelaskan kata kunci dalam kasus tersebut terletak pada kata cantik dan jilbab dalam unggahan Maaher. 

Kedua kata itu digunakan untuk perempuan. 

Sementara, Habib Luthfi bin Yahya adalah laki-laki.

Maaher ditetapkan sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian berdasarkan SARA, setelah  dilaporkan oleh pihak Banser NU ke Bareskrim atas cuitan tersebut. 

Penyidik menyita empat buah telepon genggam dan sebuah kartu identitas atas nama Soni Eranata. 

Maheer diduga melanggar Pasal  tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman enam tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp 1 miliar.
 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.