Kompas TV regional berita daerah

Perubahan Jabatan di Sekretariat, Bawaslu Kalsel Pastikan Pengawasan Pilkada Tetap Berjalan Optimal

Kamis, 3 Desember 2020 | 01:09 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Sederet pejabat di lingkup Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kalimantan Selatan dilantik menjadi satuan kerja di bawah sekretariat setelah sebelumnya hanya berstatus ‘ad hoc’.

Pelantikan dilakukan secara virtual serempak seluruh Indonesia oleh Kepala Sekretariat Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, pada Senin sore (30/11/2020). 

Dari ratusan pejabat Bawaslu se- Indonesia, terdapat 5 pejabat di Kalimantan Selatan, yaitu Kepala Sekretariat Bawaslu Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, serta 3 orang pejabat di Bawaslu Provinsi.

Kelimanya merupakan bagian dari 52 yang memenuhi syarat dari 81 orang yang dibuka untuk diajukan ke Menpan-RB.

Baca Juga: Beri Peran Kaum Milenial Awasi Pilkada, Bawaslu Kalsel Harapkan Idealisme Pemuda Cegah Pelanggaran

Meski demikian, dengan perubahan jabatan ini Bawaslu memastikan kinerja pengawasan Pilkada tidak akan terganggu karena sementara pejabat yang dilantik akan melaksanakan tugasnya yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Kami berharap walaupun fungsional disamakan dengan staff lainnya, tetapi tugas-tugas mereka tetap menjadi Kasubag yang ada. Nanti setelah penyelenggaraan Pilkada akan diatur ulang terkait tugas-tugasnya agar dalam proses Pilkada tidak merubah struktur yang ada dan tidak bingung dengan tugas baru,” terang Ketua Bawaslu Kalimantan Selatan, Erna Kasypiah.

Bahkan Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra menyebut hal ini justru memperkuat bawasslu sebab akan menegaskan legalitas anggotanya. 

“Untuk tahun ini kalsel mendapat 2 kota, yaitu Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Dan tahun depan kita akan mengusulkan lagi. Statusnya dari ad hoc akan menjadi satker (satuan kerja), otomatis legalitasnya akan semakin kuat,” terang Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra.

Baca Juga: Cegah Keteteran, Bawaslu Kalsel Perkuat Sistem Pengelolaan Data Informasi dan Pendokumentasian

Kedepan Bawaslu akan mengajukan lebih banyak lagi jajaran staff untuk menjadi pejabat fungsional dan administrator di lingkup Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Penulis : KompasTV Banjarmasin


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:58
KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PENGOLAHAN UDANG JADI KOMODITI PRIORITAS   BNN KOTA TANGERANG SELATAN SOROTI TINGGINYA PEREDARAN SABU DAN GANJA DI CIPUTAT   KEMENTERIAN KESEHATAN: SERTIFIKAT VAKSIN JADI SYARAT JALAN BELUM BERSIFAT FINAL   KAPUSKES TNI MAYJEN TUGAS RATMONO AJAK WARGA ANTUSIAS VAKSINASI COVID-19   WALI KOTA KEDIRI ABDULLAH ABU BAKAR AJAK PENYINTAS COVID-19 DONOR PLASMA   DINKES DKI: PENGUATAN SINERGI ANTARPIHAK SANGAT DIPERLUKAN UNTUK HADAPI KLASTER KELUARGA   PRESIDEN JOKOWI: KITA HARUS OPTIMISTIS AWAL 2021 JADI TITIK BALIK PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI DORONG PEMERINTAH CEPAT ATASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   PRESIDEN JOKOWI: BULAN INI CURAH HUJAN EKSTREM, WASPADAI BANJIR DAN TANAH LONGSOR   PRESIDEN JOKOWI: SAYA TELAH PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 TUNTAS SEBELUM AKHIR 2021   TIM SAR MASIH CARI MEMORI CVR SRIWIJAYA AIR SJ-182   TIM DVI TELAH TERIMA SAMPEL DNA 62 KELUARGA KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   KEMENSOS SALURKAN BANTUAN RP 1,7 MILIAR UNTUK KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   POLRI KIRIM PESAWAT HINGGA PERSONEL UNTUK BANTU PENANGANAN GEMPA DI SULAWESI BARAT