Kompas TV nasional hukum

Polda Jatim Undang Sejumlah Pihak Buat Klarifikasi Demo di Depan Rumah Ibu Mahfud MD

Kompas.tv - 2 Desember 2020, 20:47 WIB
polda-jatim-undang-sejumlah-pihak-buat-klarifikasi-demo-di-depan-rumah-ibu-mahfud-md
Rumah Menkopolhukam Mahfud MD di Pamekasan didemo ratusan warga, Selasa (1/12/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/TAUFIQURRAHMAN)  
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polda Jawa Timur mengundang sejumlah pihak untuk diminta klarifikasi terkait puluhan orang yang melakukan demonstrasi di depan rumah Ibunda Menkopolhukam Mahfud MD.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menjelaskan undangan sejumlah pihak itu sebagai penyelidikan awal yang dilakukan Polda Jatim serta Polres Pamekasan terkait aksi massa di kediaman ibunda Menkopolhukam Mahfud MD.

"Jadi Polda Jatim telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan penyelidikan awal, mengumpulkan data, termasuk melakukan klarifikasi beberapa orang khususnya yang dilaksanakan oleh Polres Pamekasan," ujar Awi di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Rabu (2/12/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kesaksian Kerabat Mahfud MD: Pagar Itu Digedor-Gedor, Mahfud Kamu Keluar

Awi menjelaskan kelompok tersebut diketahui akan melakukan audiensi ke Polres. Namun sebagian dari kelompok tersebut berhenti di depan kediaman Mahfud.

Menurutnya kepolisian setempat tidak mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) untuk acara demonstrasi di depan rumah Mahfud tersebut.

Hal tersebut menandakan aksi massa di depan rumah Mahfud liar atau tidak mendapatkan izin mengadakan kerumunan.

"Ada 3 kelompok membubarkan diri, ada sekitar kurang lebih 600 massa. Kemudian di antaranya satu kelompok sekitar kurang lebih 100 orang, tepat di depan kediamanan ibu Menko Polhukam sempat berhenti antara 4 sampai 5 menit," ujar Awi.

Baca Juga: Ibunda Mahfud MD Disebut Trauma Usai Rumahnya Didemo Massa yang Menolak Rizieq Shihab Diperiksa

Sebelumnya ratusan massa menyambangi rumah Menkopolhukam keluarga Mahfud MD di Pamekasan, Selasa (1/12/2020).

Massa berteriak-teriak dan meminta penghuni rumah keluar. Bahkan, sebagian massa ada yang mendorong pagar rumah.

"Kalau sama-sama orang Madura, Mahfud tolong keluar. Jangan ngumpet dan temui kami," teriak salah satu peserta aksi di depan rumah.

Demo ratusan orang tersebut diduga berkaitan dengan pemanggilan Pemimpin FPI Rizieq Shihab oleh kepolisian.

Baca Juga: Pasca Didatangi Massa, Rumah Ibunda Mahfud MD Dijaga Ketat Oleh Anggota Ansor dan Banser

Sejak penyelidikan dan penyidikan kerumunan yang menyeret Rizieq Shihab Polres Sampang telah menambah pengamanan di kediaman Mahfud MD.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x