Kompas TV regional berita daerah

Tanpa Lelah Melawan Stigma HIV

Kompas.tv - 2 Desember 2020, 11:32 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Video ini menangkap perjuangan tak kenal lelah Baby Rivona Nasution, seorang perempuan dengan HIV, melawan stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV. Dia secara aktif mempromosikan hak-hak orang dengan HIV untuk berkontribusi dalam setiap aspek kehidupan, termasuk hak atas pekerjaan dan kehidupan yang layak.

Baby Rivona Nasution, perempuan yang sudah hidup bersama dengan HIV selama 17 tahun itu, mengaku bahwa ia bersyukur bisa mengetahui status HIV-nya lebih dini. Kondisi ini membuat ia cepat pula mencari informasi dan pengobatan antiretroviral (ARV) yang benar sehingga bisa menjalani hidup tanpa rasa takut. Ya, perempuan pemberani yang selalu lantang tatkala memberi edukasi tentang HIV dan AIDS ini, selain bisa menjalani hidup tanpa rasa takut, ia juga menjadi seorang ibu dari anak yang tidak terinfeksi HIV meski ia sendiri seorang ODHIV.

Perjumpaan Baby dengan HIV bermula ketika ia mengalami kegagalan dalam pernikahan, tatkala ia belum berusia 20 tahun. Di tengah kekacauan tersebut, Baby pun tergoda untuk mencoba Narkotika suntik yang saat itu populer dengan sebutan putaw, dan bahkan menjadi seorang pecandu sewaktu ia berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Tapi ke manapun ia berada, seperti Bogor, Jakarta dan Bali, tetap saja Baby tidak bisa lepas dari kecanduan tersebut. “Selama masih tinggal di Indonesia, masih saja bertemu dengan putaw dan sesama pecandu,” kenang Baby'

#melawanstigma #HIV #hariaidssedunia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x