Kompas TV regional berita daerah

Pelatihan Wisata Pulau Kaniungan Liburan Akhir Tahun

Rabu, 2 Desember 2020 | 03:29 WIB

BERAU, KOMPAS.TV - Pulau Kaniungan yang berada di Kampung Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Sebanyak 20 warga lokal setempat yang biasa menjadi tour guide melakukan latihan snorkling dan diving yang dipandu langsung oleh dua instruktur sentra selam Yogyakarta, pada jumat sore 13 november 2020.

Latihan yang digelar oleh dinas pariwisata Kaltim ini bertujuan agar pemandu wisata yang ada di Kecamatan Biduk-biduk lebih berkompeten. Pasalnya ini menyangkut keamanan dan kenyamanan sehingga wisatawan yang datang mendapatkan kepuasan tersendiri.

Selain itu, mereka juga diajarkan terkait protokol kesehatan covid-19 untuk menyambut wisatawan yang datang di masa new normal dan libur akhir tahun 2020 nanti.

Salah seorang pemandu wisata yang bernama Sadam mengaku sangat senang dengan pelatihan yang diberikan. Pasalnya, selama memandu wisatawan mereka hanya belajar snorkling dan diving secara otodidak dan tidak ada yang melatih. 

Sementara itu, kepala dinas pariwisata Kaltim Sri Mulyani menuturkan pelatihan selam ini diadakan karena Pulau Kaniungan ini perkembangannya cukup pesat, jadi para tour guide tersebut dilatih agar bisa lebih baik memandu para wisatawan yang melakukan snorkling dan diving di Pulau Kaniungan.

Di pulau seluas 55,4 hektare ini wisatawan akan mendapatkan pengalaman seru saat diving maupun snorkeling. Cukup hanya di dekat bibir pantai dan dermaga, wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan, bahkan jika beruntung wisatawan bisa berenang dengan penyu.

Di pulau ini wisatawan juga bisa bersantai di pantai pasir putih yang sejuk sambil menikmati pemandangan pegunungan karst yang berada tepat di seberang Pulau Kaniungan.

#TourGuide#PelatihanSelam#PulauKaniungan

Penulis : KompasTV Tenggarong


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:48
PRESIDEN JOKOWI AJAK INDUSTRI MANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL AGAR SEMAKIN EFISIEN DAN KOMPETITIF   YAKIN VAKSINASI SELESAI KURANG DARI SETAHUN, PRESIDEN JOKOWI: ADA 30.000 VAKSINATOR DAN 10.000 PUSKESMAS   KSPI MINTA KEJAGUNG TRANSPARAN SAAT SELIDIKI DUGAAN KORUPSI BPJS KETENAGAKERJAAN   KEMENSOS BERI BANTUAN RP 107 JUTA KEPADA KORBAN BANJIR BANDANG DI CISARUA, KABUPATEN BOGOR   KONTRAS HARAP PERGANTIAN KAPOLRI MENJADI MOMENTUM PERBAIKAN INSTITUSI POLRI   DVI POLRI: 32 KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 SUDAH DISERAHKAN KE KELUARGA   BARESKRIM POLRI LIMPAHKAN BERKAS PERKARA KASUS TES USAP RIZIEQ SHIHAB KE KEJAKSAAN   KEMENTERIAN PERTAHANAN AKAN REKRUT 25.000 ORANG UNTUK KOMPONEN CADANGAN   KASUS SUAP BANSOS, KPK DALAMI PEMBERIAN UANG KEPADA PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (PPK) KEMENSOS   IDI MINTA PEMERINTAH KAJI ULANG KEBIJAKAN YANG TIDAK PRIORITASKAN VAKSIN UNTUK PENYINTAS COVID-19   BPOM DAN KEMENTERIAN KESEHATAN AKAN MENGEVALUASI KEAMANAN VAKSIN COVID-19 PFIZER   KEPALA KSP MOELDOKO: VAKSINASI COVID-19 TERHADAP KORBAN BENCANA AKAN MEMPERTIMBANGKAN JUMLAH VAKSIN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: PEMERINTAH TELAH PETAKAN POTENSI BENCANA DI TANAH AIR   WALI KOTA TEGAL DEDY YON SUPRIYONO: BIOSKOP KEMBALI DIBUKA 1 FEBRUARI 2021