Kompas TV internasional kompas dunia

Vaksin Corona Bisa Digunakan di Uni Eropa Paling Cepat 29 Desember

Rabu, 2 Desember 2020 | 03:16 WIB
vaksin-corona-bisa-digunakan-di-uni-eropa-paling-cepat-29-desember
Uji coba vaksin Covid-19 produksi Pfizer pada seorang relawan di University of Maryland School of Medicine, Amerika Serikat, 4 Mei 2020. (Sumber: Associated Press)

BERLIN, KOMPAS.TV - Badan pengawas obat Uni Eropa mengatakan, kemungkinan dibutuhkan waktu selama empat minggu lagi bagi mereka untuk menyetujui vaksin virus corona pertama. Hal ini disampaikan pada Selasa (1/12/2020).

Badan Obat-obatan Eropa berencana mengadakan pertemuan pada 29 Desember untuk memutuskan apakah ada cukup data keamanan dan kemanjuran tentang vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech, agar penggunaannya bisa segera disetujui.

Regulator juga mengatakan dapat memutuskan pada 12 Januari mendatang, apakah akan menyetujui vaksin dari perusahaan farmasi yang lain, yaitu Moderna Inc.

Moderna merupakan perusahaan asal Amerika Serikat dan telah mengajukan permintaannya kepada regulator AS dan Eropa pada minggu ini.

Baca Juga: Inggris Siap Lakukan Vaksinasi Perdana Covid-19 Dalam Beberapa Hari ke Depan

Jika vaksinnya disetujui, BioNTech yang berbasis di Jerman mengatakan, penggunaan suntikan di Eropa dapat dimulai sebelum akhir 2020. Tetapi tampaknya perkiraan waktu tersebut cukup ambisius, mengingat biasanya Komisi Uni Eropa perlu mendapatkan persetujuan dari regulator.

Setiap persetujuan yang diberikan oleh regulator Eropa akan bergantung pada perusahaan yang mengirimkan informasi lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat vaksin yang lebih besar daripada risikonya.

Penulis : Tussie Ayu


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:33
HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM PADA 27 JANUARI 2021 TURUN RP 2.000 MENJADI RP 956.000 PER GRAM   HARI INI, PRESIDEN JOKOWI MELANTIK DEWAN PENGAWAS LEMBAGA PENGELOLA INVESTASI (LPI) DI ISTANA NEGARA   KEMENTERIAN KELAUTAN PERIKANAN: EKSPOR PERIKANAN RI CAPAI 5,2 MILIAR DOLLAR AS ATAU RP 72,8 TRILIUN SEPANJANG 2020   PRESIDEN JOKOWI OPTIMISTIS INDONESIA AKAN JADI INDUSTRI OTOMOTIF YANG BERPENGARUH DAN DISEGANI DUNIA   PEMERINTAH TELAH MENJARING NAMA-NAMA INVESTOR UNTUK PENGEMBANGAN EKOSISTEM MOBIL LISTRIK DALAM NEGERI   SAAT INI, PEMERINTAH TENGAH FOKUS MENGGARAP INDUSTRI MOBIL LISTRIK ATAUPUN BATERAI LITHIUM DALAM NEGERI   HARI INI, MAHKAMAH KONSTITUSI KEMBALI MENGGELAR SIDANG PEMERIKSAAN PENDAHULUAN SENGKETA HASIL PILKADA 2020   PRESIDEN JOKOWI: UU CIPTA KERJA BERHASIL MENCIPTAKAN EKOSISTEM RODA PEREKONOMIAN YANG LEBIH EFISIEN DAN PRODUKTIF   PRESIDEN JOKOWI KLAIM UU CIPTA KERJA BERHASIL MENARIK MINAT PARA INVESTOR UNTUK MENANAMKAN MODAL DI INDONESIA   PEMERINTAH TENGAH FOKUS TARIK MINAT INVESTOR DALAM ATAUPUN LUAR NEGERI DENGAN MELAKUKAN REFORMASI STRUKTURAL   KEMKOMINFO: LEBIH DARI 1.000 HOAKS TERIDENTIFIKASI SEJAK PANDEMI COVID-19   DOKTER KEPRESIDENAN ABDUL MUTHALIB MINTA MASYARAKAT TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SEUSAI MENDAPAT VAKSIN   DOKTER KEPRESIDENAN ABDUL MUTHALIB PASTIKAN VAKSIN YANG DISUNTIKKAN KE PRESIDEN JOKOWI MERUPAKAN BUATAN SINOVAC   SEJUMLAH EPIDEMIOLOG INGATKAN ALAT PENDETEKSI COVID-19 YANG DIKEMBANGKAN UGM BERNAMA GENOSE MASIH TAHAP UJI