Kompas TV regional berita daerah

Sembako Naik Jelang Nataru Pasar Sepi Pembeli

Rabu, 2 Desember 2020 | 03:07 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Harga bahan pokok di Samarinda, Kalimantan Timur menjelang hari raya natal dan tahun baru terus menunjukan kenaikan. Hal ini dirasakan oleh semua kalangan, baik pembeli maupun pedagang pasar.

Contohnya di pasar segiri Samarinda, Kalimantan Timur. Kenaikan yang signifikan seperti harga bawang merah dan bawang putih yang perlahan mengalami kenaikan harga. Bawang merah awalnya seharga 28 ribu, kini berada di harga 34 ribu per kilogram. Harga cabai juga mengalami kenaikan yang semula 28 ribu per kilogram, kini telah naik menjadi 32 ribu per kilogram.

Begitu pula dengan harga daging ayam yang sebelumnya hanya 25 ribu per ekor, kini menyentuh angka 48 ribu per ekor dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan sampai menjelang tahun baru nanti. Tak jauh beda, harga telur pun ikut naik menjadi 50 ribu per piring yang sebelumnya 45 ribu per piring.

Salah satu pedagang menuturkan, stok bawang diperkirakan akan menipis menjelang natal dan tahun baru. Hal ini disebabkan curah hujan yang meningkat, sehingga para petani bawang mendapatkan hasil panen yang tidak bagus.

Harapannya, pemerintah bisa memperhatikan stok bahan pokok, agar tidak terjadi kelangkaan. Pedagang juga berharap, harga bahan pokok di pasar bisa tetap stabil dan daya beli masyarakat meningkat, terlebih sudah mendekati hari raya natal.

Daya beli masyarakat juga menurun tidak saja di akibatkan kenaikan harga, tetapi juga dampak pandemi covid-19. Meski demikian, stok bahan pokok lainnya masih aman hingga akhir tahun.

#HargaSembako#BahanPokok#KenaikanHarga

Penulis : KompasTV Tenggarong


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:48
KASUS COVID-19 TERUS MENINGKAT, TAMAN NASIONAL KELIMUTU TUTUP SELAMA 14 HARI   MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO SEBUT NILAI MANFAAT PUPUK BERSUBSIDI CAPAI 250 PERSEN   WAPRES MA'RUF AMIN: PENGELOLAAN WAKAF UANG PERLU KERJA SAMA DENGAN MANAJER INVESTASI   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA ULAMA SOSIALISASIKAN WAKAF UANG LEWAT DAKWAH   PRESIDEN MINTA SELURUH DAERAH DI TANAH AIR PEDULI TERHADAP MASALAH "STUNTING"   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: ANGKA "STUNTING" DIPERKIRAKAN NAIK KARENA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR SULAWESI BARAT MINTA ASN YANG MENGUNGSI KE LUAR KOTA AKIBAT GEMPA SEGERA KEMBALI   KETUA DPD LANYALLA MATTALITTI APRESIASI KERJA CEPAT TNI AL KIRIM ALAT PELINDUNG DIRI DARI SURABAYA KE MAMUJU   DINAS PENDIDIKAN PAPUA SEBUT LIMA KABUPATEN SUDAH LAKSANAKAN BELAJAR TATAP MUKA   JUBIR SATGAS: MASYARAKAT YANG JADI PENERIMA VAKSIN COVID-19 AKAN DIVAKSINASI DUA KALI   JUBIR SATGAS SEBUT VAKSIN COVID-19 TAK AKAN BERIKAN PERLINDUNGAN MAKSIMAL JIKA HANYA DISUNTIKKAN SEKALI   BLOK MAKAM JENAZAH PASIEN COVID-19 MULAI PENUH, PEMPROV DKI TERUS SIAPKAN LAHAN BARU   RS LAPANGAN IJEN BOULEVARD MALANG RAWAT 614 PASIEN COVID-19, 402 DI ANTARANYA SEMBUH   PERPANJANG PPKM, BUPATI KARANGANYAR JULIYATMONO BERI KELONGGARAN JAM OPERASIONAL PELAKU USAHA