Kompas TV regional berita daerah

Sembako Naik Jelang Nataru Pasar Sepi Pembeli

Kompas.tv - 2 Desember 2020, 03:07 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Harga bahan pokok di Samarinda, Kalimantan Timur menjelang hari raya natal dan tahun baru terus menunjukan kenaikan. Hal ini dirasakan oleh semua kalangan, baik pembeli maupun pedagang pasar.

Contohnya di pasar segiri Samarinda, Kalimantan Timur. Kenaikan yang signifikan seperti harga bawang merah dan bawang putih yang perlahan mengalami kenaikan harga. Bawang merah awalnya seharga 28 ribu, kini berada di harga 34 ribu per kilogram. Harga cabai juga mengalami kenaikan yang semula 28 ribu per kilogram, kini telah naik menjadi 32 ribu per kilogram.

Begitu pula dengan harga daging ayam yang sebelumnya hanya 25 ribu per ekor, kini menyentuh angka 48 ribu per ekor dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan sampai menjelang tahun baru nanti. Tak jauh beda, harga telur pun ikut naik menjadi 50 ribu per piring yang sebelumnya 45 ribu per piring.

Salah satu pedagang menuturkan, stok bawang diperkirakan akan menipis menjelang natal dan tahun baru. Hal ini disebabkan curah hujan yang meningkat, sehingga para petani bawang mendapatkan hasil panen yang tidak bagus.

Harapannya, pemerintah bisa memperhatikan stok bahan pokok, agar tidak terjadi kelangkaan. Pedagang juga berharap, harga bahan pokok di pasar bisa tetap stabil dan daya beli masyarakat meningkat, terlebih sudah mendekati hari raya natal.

Daya beli masyarakat juga menurun tidak saja di akibatkan kenaikan harga, tetapi juga dampak pandemi covid-19. Meski demikian, stok bahan pokok lainnya masih aman hingga akhir tahun.

#HargaSembako#BahanPokok#KenaikanHarga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x