Kompas TV nasional peristiwa

Rizieq Dipanggil Polisi, Mahfud: Kalau Merasa Sehat, Harusnya Kooperatif!

Selasa, 1 Desember 2020 | 16:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengusut kerumunan di acara Maulid Nabi, dan pernikahan putrinya di Petamburan, polisi menjadwalkan pemeriksaan Pemimpin Front Pembela Islam, Rizieq Shihab hari ini.

Menko Polhukam Mahfud MD, meminta Rizieq untuk kooperatif, meski hasil tes usapnya masih jadi misteri.

Polisi pun menyiapkan tes usap sebelum Rizieq diperiksa sebagai saksi dalam acara yang melanggar protokol kesehatan itu.

Polisi menemukan dugaan pelanggaran pidana, pada kerumunan, di acara yang dihadiri Rizieq Shihab, pertengahan November lalu.

Rizieq pun, dipanggil Polda Metro Jaya, pada  1 Desember, untuk diusut terkait dugaan penghasutan, dan tidak patuh pada undang-undang kekarantinaan kesehatan, bersama menantunya, Hanif Alatas, dan Biro Hukum FPI.

Tak hanya Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, juga akan segera memanggil Rizieq, untuk mengusut kerumunan serupa, yang terjadi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Menko Polhukam, Mahfud MD pun meminta Rizieq kooperatif, menghadiri panggilan pemeriksaan, jika merasa sehat.

Kekhawatiran soal Rizieq yang tak kooperatif muncul,  setelah  massa Laskar FPI menghadang polisi yang mendatangi rumah Rizieq di Petamburan, untuk menyerahkan surat panggilan penyidik, Minggu sore lalu.

Hingga Senin sore, Kuasa Hukum FPI berkilah, bahwa Rizieq masih harus beristirahat.

Selain itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, juga menyesalkan sikap Rizieq Shihab yang menolak menjalani tes usap, dan tracing atau penelusuran kontak erat dengan pasien Covid-19.

Pasalnya, Rizieq sempat berkontak dekat dengan pasien positif Covid-19.

Tes usap sebelum diperiksa sebagai saksi di Polda Metro Jaya pun menanti Rizieq Shihab.

Sebelumnya, polisi telah meminta klarifikasi sejumlah tokoh dan pejabat setempat, terkait dengan pidana pelanggaran kekarantinaan kesehatan, yang terjadi dalam kerumunan massa Rizieq, pertengahan November lalu.

Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakilnya Ahmad Riza Patria, serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Penulis : Aleksandra Nugroho


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:51
HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM PADA 27 JANUARI 2021 TURUN RP 2.000 MENJADI RP 956.000 PER GRAM   HARI INI, PRESIDEN JOKOWI MELANTIK DEWAN PENGAWAS LEMBAGA PENGELOLA INVESTASI (LPI) DI ISTANA NEGARA   KEMENTERIAN KELAUTAN PERIKANAN: EKSPOR PERIKANAN RI CAPAI 5,2 MILIAR DOLLAR AS ATAU RP 72,8 TRILIUN SEPANJANG 2020   PRESIDEN JOKOWI OPTIMISTIS INDONESIA AKAN JADI INDUSTRI OTOMOTIF YANG BERPENGARUH DAN DISEGANI DUNIA   PEMERINTAH TELAH MENJARING NAMA-NAMA INVESTOR UNTUK PENGEMBANGAN EKOSISTEM MOBIL LISTRIK DALAM NEGERI   SAAT INI, PEMERINTAH TENGAH FOKUS MENGGARAP INDUSTRI MOBIL LISTRIK ATAUPUN BATERAI LITHIUM DALAM NEGERI   HARI INI, MAHKAMAH KONSTITUSI KEMBALI MENGGELAR SIDANG PEMERIKSAAN PENDAHULUAN SENGKETA HASIL PILKADA 2020   PRESIDEN JOKOWI: UU CIPTA KERJA BERHASIL MENCIPTAKAN EKOSISTEM RODA PEREKONOMIAN YANG LEBIH EFISIEN DAN PRODUKTIF   PRESIDEN JOKOWI KLAIM UU CIPTA KERJA BERHASIL MENARIK MINAT PARA INVESTOR UNTUK MENANAMKAN MODAL DI INDONESIA   PEMERINTAH TENGAH FOKUS TARIK MINAT INVESTOR DALAM ATAUPUN LUAR NEGERI DENGAN MELAKUKAN REFORMASI STRUKTURAL   KEMKOMINFO: LEBIH DARI 1.000 HOAKS TERIDENTIFIKASI SEJAK PANDEMI COVID-19   DOKTER KEPRESIDENAN ABDUL MUTHALIB MINTA MASYARAKAT TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SEUSAI MENDAPAT VAKSIN   DOKTER KEPRESIDENAN ABDUL MUTHALIB PASTIKAN VAKSIN YANG DISUNTIKKAN KE PRESIDEN JOKOWI MERUPAKAN BUATAN SINOVAC   SEJUMLAH EPIDEMIOLOG INGATKAN ALAT PENDETEKSI COVID-19 YANG DIKEMBANGKAN UGM BERNAMA GENOSE MASIH TAHAP UJI