Kompas TV regional berita daerah

Jalan Trans Kalimantan Direndam Banjir Setinggi 1 Meter

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 10:13 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Banjir yang merendam badan jalan Trans Kalimantan, di Desa Pancaroba, Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat Ini, setidaknya telah terjadi dalam satu pekan terakhir.

Tingginya curah hujan, serta air kiriman debit air dari hulu, membuat genangan banjir setinggi satu meter ini tak kunjung surut. Akibatnya, warga sekitar terpaksa melakukan buka tutup arus lalu lintas, serta memberi panduan, untuk menghindari kemacetan dan kendaraan terperosok lubang.

Bahkan, warga juga menyediakan ojek untuk mengangkut sepeda motor saat melewati jalan yang terendam banjir.

Setidaknya ada empat hingga lima titik banjir, dengan ketinggian mencapai 1 meter terjadi di wilayah ini. Bahkan, banjir terparah menggenangi jalan sepanjang 1 kilometer.

Akibat banjir ini, warga terpaksa membuat panggung untuk menghindari banjir di dalam rumah. Warga masih tetap bertahan di dalam rumah masing-masing, dengan memanfaatkan panggung semi permanen untuk menjaga barang-barang di rumahnya.

Berdasarkan data BPBD Provinsi Kalbar, sebanyak 1.209 kepala keluarga terdampak genangan banjir, dengan total 4.394 jiwa.

Hingga kini, belum tercatat warga yang mengungsi akibat banjir, namun pemerintah desa telah mendirikan posko kesehatan bagi warga sekitar.

Simak informasi lain dari Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Banjir #TransKalimantan #KubuRaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x