Kompas TV internasional kompas dunia

Perkenalkan Major Biden, Anjing Milik Joe Biden yang Akan Ikut Menghuni Gedung Putih

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 07:34 WIB
perkenalkan-major-biden-anjing-milik-joe-biden-yang-akan-ikut-menghuni-gedung-putih
Presiden AS terpilih Joe Biden bersama salah satu anjing peliharaannya, Major. Major akan ikut tinggal di Gedung Putih selama Biden menjabat sebagai Presiden AS. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Anjing peliharaan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bernama Mayor Biden, mendadak terkenal. Pasalnya akhir pekan lalu, Biden mengalami patah tulang kaki karena terpeleset saat sedang main dengannya.

Nama dan foto Major pun muncul di berbagai media. Dalam beberapa minggu ke depan, Major dan satu ekor anjing dan kucing lainnya milik Biden, akan menjadi penghuni Gedung Putih.

Hewan peliharaan bagi presiden, merupakan sumber kenyamanan, hiburan, drama, yang juga bisa berperan menjadi humas yang baik.

Kedatangan Major dan hewan peliharaan lain di Gedung Putih, akan menambah sejarah panjang hewan peliharaan yang tinggal di Gedung Putih.

Namun tradisi hewan peliharaan di kediaman resmi Presiden AS, sempat terputus selama empat tahun, ketika Presiden Donald Trump tidak memiliki hewan peliharaan.

Baca Juga: Tulang Kaki Biden Patah Saat Bermain dengan Anjing

“Hewan peliharaan selalu memainkan peran penting di Gedung Putih selama beberapa dekade,” kata Jennifer Pickens, seorang penulis yang mempelajari tradisi Gedung Putih.

"Mereka tidak hanya memberikan persahabatan kepada presiden dan keluarganya. Saya percaya, hewan peliharaan juga akan memperlihatkan sisi manusiawi Presiden dan melembutkan citra politik mereka," ujat Pickens seperti dikutip dari the Associated Press.

“Memiliki anjing atau kucing, akan membuat konstituen pecinta hewan peliharaan merasa terhubung dengan presiden,” tambah Tom Whalen, sejarawan kepresidenan dari Universitas Boston.

Sederet Presiden AS sebelumnya, tercatat juga pernah memelihara binatang peliharaan di Gedung Putih.

Ketika Presiden Barack Obama dinyatakan sebagai pemenang pemilu 2008, dia langsung memberi tahu putrinya. "Kamu akan mendapatkan anak anjing baru yang ikut bersama kita ke Gedung Putih."

Baca Juga: Tulang Kaki Joe Biden Patah, Reaksi Donald Trump Mengejutkan

Beberapa bulan kemudian, Senator Ted Kennedy memberikan hadiah kepada putri-putri Obama, seekor anak anjing yang kemudian diberi nama Bo. Beberapa tahun kemudian, keluarga Obama menambah satu lagi anjing peliharaan yang mereka beri nama Sunny.

Ketika sedang berburu, Presiden Theodore Roosevelt pernah membawa pulang anjing terrier hitam berkaki pendek. Anjing ini kemudian diberi nama Skip.

Presiden Warren G. Harding memiliki anjing yang bernama Laddie Boy. Anjing ini bahkan sering ikut duduk dalam rapat dan memiliki kursi kabinetnya sendiri.

Sedangkan Presiden Franklin Delano Roosevelt memiliki anjing terrier bernama Fala, yang merupakan kesayangannya. Ketika malam hari, Fala biasanya tidur di kursi khusus di kaki ranjang Presiden.

Baca Juga: Twitter dan Facebook Akan Berikan Joe Biden Akun Resmi Presiden AS @POTUS, Kapan?

Bahkan keluarga Presiden John F. Kennedy memiliki kebun binatang mini yang lengkap dengan anjing, kucing, burung, hamster, dan kelinci bernama Zsa Zsa. Anak presiden Kennedy, Caroline Kennedy, memiliki kuda poni kesayangan yang diberi nama Macaroni.

“Dari perspektif presiden, Anda tahu, anjing atau kucing atau kuda, hebat karena mereka tidak pernah menghakimi. Mereka akan memberikan cinta mereka yang tanpa syarat. Dan mereka tidak akan mengkritik apa yang Anda lakukan di Somalia atau bagaimana keadaan ekonomi, "kata Whalen menambahkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x