Kompas TV nasional agama

Viral Azan Jihad, MUI Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi

Kompas.tv - 1 Desember 2020, 00:42 WIB
viral-azan-jihad-mui-minta-masyarakat-tidak-terprovokasi
Ilustrasi azan. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta masyarakat tenang dan tidak terprovokasi dengan video viral yang mengumandangkan azan jihad.

"Saya berharap masyarakat tenang, tak perlu resah, dan jangan sampai terprovokasi untuk melakukan kekerasan dan kerusuhan," kata Ketua MUI Pusat KH Cholil Nafis, Senin (30/11/2020), dikutip dari Tribunnews.com.

Terkait kumandang azan yang diganti redaksionalnya dengan ajakan jihad, Cholil mengatakan, hal itu tidak boleh dilakukan. Nabi Muhammad SAW juga tidak pernah melakukan hal itu.

Baca Juga: Viral Kerumunan Ribuan Warga Hadiri Haul Akbar Syekh Abdul Qadir Jailani

"Nabi Muhammad SAW tak pernah mengubah redaksi azan. Saat perang tak ada redaksi azan yang diubah," kata Cholil.

Dijelaskannya, di zaman Nabi Muhammad SAW memang pernah melakukan penambahan atau perubahan redaksi azan. Saat itu ketika ada cuaca ekstrem, seperti hujan deras dan angin kencang.

Azan diubah dengan pemberitahuan masyarakat diminta untuk salat di rumah. Namun di luar itu, tidak ada dalil yang menyatakan azan dapat ditambahkan redaksinya.

"Saya berharap masyarakat tidak mengubah azan yang sudah baku dalam Islam. Panggilan jihad tidak perlu melalui azan," ujar Cholil.

Lagipula, lanjut Cholil, jihad tak hanya berkonotasi perang secara fisik. Jihad juga dapat dilakukan dalam memantapkan iman dan penguatan umat Islam.

Baca Juga: Jihad Ustad Abidin adalah Perdamaian - ROSI

Beberapa hari ini viral video rekaman kumandang azan yang diganti redaksionalnya. Video ini viral di media sosial.

Kalimat yang seharusnya "Hayya alash-shalah", "Hayya alal-falah", diganti menjadi "Hayya 'alal jihad".

Dalam banyak video, azan dengan ajakan jihad ini dikumandangkan satu orang, sementara terdapat banyak orang lain yang berbaris membentuk shaf di belakangnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.