Kompas TV nasional berita kompas tv

RS Ummi Soal Hasil Swab Rizieq Shihab, Begini Mekanisme RS Soal Data Pasien yang Dirahasiakan

Senin, 30 November 2020 | 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – RS Ummi Bogor yang diduga sempat menutup-nutupi hasil tes usap atau swab test Habib Rizieq Shihab, berujung pada proses hukum di kepolisian.

Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) dr. Lia G. Partakusuma memberikan penjelasan terkait bagaimana mekanisme sebuah rumah sakit memberikan informasi hasil swab test pasien.

Mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No. 413 tahun 2020 tentang pedoman kesehatan pengendalian Covid-19 yang mewajibkan rumah sakit membuat pelaporan terkait data Covid-19.

Lia mengatakan pihak rumah sakit sehari-hari melaporkan data seluruh pasien Covid-19 ke rumah sakit online.

“Rumah sakit online ini ada data-data tentang terutama jumlah-jumlah kumulatif ya pasien suspek, probable, meninggal, baik itu jenis kelamin dan sebagainya termasuk kormobitnya ada atau tidak,” ujar Lia, Senin (30/11/2020).

Data pasien juga wajib dilaporkan ke Dinas Kesehatan.

Dalam waktu dekat, lanjut Lia, dinas kesehatan akan melaporkan hasil pemeriksaan ke All Record, tak terkecuali seluruh laboratorium.

Dalam hal ini kerahasiaan pasien tak akan dipublikasikan ke publik, melainkan ke pihak yang berwajib sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara Ketua Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) dr. Mahesa Paranadipa Maykel menyebut baik penyakit yang mewabah maupun tidak, kerahasiaan pasien sudah semestinya dijaga yang diatur dalam undang-undang.

Namun, dalam kondisi tertentu rahasia kedokteran tersebut bisa dibuka.

Misalnya dalam perintah undang-undang, perintah pengadilan atau permintaan aparat dalam rangka penegakkan hukum, izin dari yang bersangkutan, serta kepentingan pasien tersebut.

Lebih lengkap simak dialog bersama Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) dr. Lia G. Partakusuma, Ketua Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) dr. Mahesa Paranadipa Maykel, dan Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagyo.

Penulis : Reny Mardika


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:11
KPK IMBAU INSTANSI SAMPAIKAN RENCANA KERJA 2021 UNTUK CEGAH GRATIFIKASI   TIM SAR SEBUT SUDAH TEMUKAN 32 KORBAN TEWAS LONGSOR SUMEDANG   PEMPROV DKI SIAPKAN 21 RS RUJUKAN PASIEN KASUS PASCAVAKSINASI COVID-19   BMKG: ANGIN KENCANG PICU GELOMBANG TINGGI KAWASAN BISNIS MANADO   BASARNAS SERAHKAN 10 KANTONG JENAZAH KORBAN KECELAKAAN SRIWIJAYA AIR SJ182 KE TIM DVI POLRI MINGGU, 17 JANUARI 2021   PASIEN SEMBUH DARI COVID-19 DI DKI JAKARTA BERTAMBAH 3.771 ORANG PADA MINGGU, 17 JANUARI 2021   TNI AL BUKA POSKO PENYALURAN BANTUAN DI JAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR DAN BANJIR KALSEL   PEMKOT SURABAYA GELAR OPERASI PROTOKOL KESEHATAN DI PASAR TRADISIONAL SECARA SERENTAK, SENIN, 18 JANUARI 2021    SATGAS SAR TNI ANGKATAN LAUT TEMUKAN 3 KANTONG SERPIHAN BADAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ182   SATPOL PP DKI MENCATAT ADA 1.056 PELANGGARAN PSBB DI JAKARTA SAAT AKHIR PEKAN   KAROPENMAS DIVISI HUMAS POLRI SEBUT 15 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ182 TELAH DISERAHKAN KEPADA KELUARGA   HINGGA MINGGU 17 JANUARI 2021, TIM DVI RS POLRI TELAH IDENTIFIKASI 29 JENAZAH KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ182   GUNUNG SEMERU BERSTATUS WASPADA, BNPB IMBAU TIDAK ADA AKTIVITAS DI RADIUS 1 KILOMETER   MINGGU, 17 JANUARI 2021, SELURUH KELURAHAN DI DKI JAKARTA MEMILIKI KASUS AKTIF COVID-19