Kompas TV entertainment film

Dave Prowse, Aktor yang Memerankan Darth Vader, Meninggal Pada Usia 85 Tahun

Senin, 30 November 2020 | 10:29 WIB
dave-prowse-aktor-yang-memerankan-darth-vader-meninggal-pada-usia-85-tahun
Dalam foto yang diambil pada 26 Mei 2007 ini, aktor David Prowse, yang memerankan Darth Vader dalam film pertama Star Wars, memberikan tanda tangan di Star Wars Celebration IV. Peringatan ini menandai 30 tahun peluncuran film tersebut. Prowse meninggal pada usia 85 pada hari Sabtu (28/11/2020). (Sumber: Associated Press)

LONDON, KOMPAS.TV - Dave Prowse, atlet angkat besi Inggris yang memerankan penjahat utama Darth Vader dalam trilogi "Star Wars", meninggal dalam usia 85 tahun.

Prowse meninggal pada Sabtu (28/11/2020), setelah mengalami sakit yang singkat. Hal ini dikonfirmasi oleh agennya, Thomas Bowington, pada Minggu (29/11/2020).

Prowse lahir di Bristol, Inggris, pada tahun 1935. Dia merupakan juara angkat besi Inggris sebanyak tiga kali dan mewakili Inggris dalam cabang angkat besi di Commonwealth Games 1962. Kemudian dia membintangi berbagai film, termasuk pernah memerankan monster Frankenstein.

Sutradara “Star Wars”, George Lucas, bertemu Prowse ketika ia mendapat peran kecil dalam film "A Clockwork Orange". Dia kemudian meminta aktor dengan tinggi hampir dua meter ini untuk mengikuti audisi untuk peran Darth Vader atau Wookie Chewbacca dalam "Star Wars."

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Pembuatan Star Wars: The Mandalorian

Prowse kemudian mengatakan kepada BBC bahwa dia memilih Darth Vader karena penonton biasanya selalu mengingat orang-orang jahat.

Secara fisik, Prowse sempurna untuk peran tersebut. Prowse mengenakan baju besi dan helm hitam Darth Vader untuk "Star Wars" (1977), "The Empire Strikes Back" (1980) dan "Return of the Jedi" (1983).

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:03
PRESIDEN JOKOWI AJAK INDUSTRI MANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL AGAR SEMAKIN EFISIEN DAN KOMPETITIF   YAKIN VAKSINASI SELESAI KURANG DARI SETAHUN, PRESIDEN JOKOWI: ADA 30.000 VAKSINATOR DAN 10.000 PUSKESMAS   KSPI MINTA KEJAGUNG TRANSPARAN SAAT SELIDIKI DUGAAN KORUPSI BPJS KETENAGAKERJAAN   KEMENSOS BERI BANTUAN RP 107 JUTA KEPADA KORBAN BANJIR BANDANG DI CISARUA, KABUPATEN BOGOR   KONTRAS HARAP PERGANTIAN KAPOLRI MENJADI MOMENTUM PERBAIKAN INSTITUSI POLRI   DVI POLRI: 32 KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 SUDAH DISERAHKAN KE KELUARGA   BARESKRIM POLRI LIMPAHKAN BERKAS PERKARA KASUS TES USAP RIZIEQ SHIHAB KE KEJAKSAAN   KEMENTERIAN PERTAHANAN AKAN REKRUT 25.000 ORANG UNTUK KOMPONEN CADANGAN   KASUS SUAP BANSOS, KPK DALAMI PEMBERIAN UANG KEPADA PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN (PPK) KEMENSOS   IDI MINTA PEMERINTAH KAJI ULANG KEBIJAKAN YANG TIDAK PRIORITASKAN VAKSIN UNTUK PENYINTAS COVID-19   BPOM DAN KEMENTERIAN KESEHATAN AKAN MENGEVALUASI KEAMANAN VAKSIN COVID-19 PFIZER   KEPALA KSP MOELDOKO: VAKSINASI COVID-19 TERHADAP KORBAN BENCANA AKAN MEMPERTIMBANGKAN JUMLAH VAKSIN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: PEMERINTAH TELAH PETAKAN POTENSI BENCANA DI TANAH AIR   WALI KOTA TEGAL DEDY YON SUPRIYONO: BIOSKOP KEMBALI DIBUKA 1 FEBRUARI 2021