Kompas TV bisnis kebijakan

Penerima BLT UMKM Bingung Perubahan Data, Ini Penjelasan BRI dan Solusinya

Kompas.tv - 29 November 2020, 19:56 WIB
penerima-blt-umkm-bingung-perubahan-data-ini-penjelasan-bri-dan-solusinya
Tangkapan layar unggahan warganet yang mengaku sore hari sempat dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM, tetapi paginya berubah menjadi tidak terdaftar. (Sumber: FACEBOOK/Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM) dibuat bingung karena perubahan data.

Mereka mengeluh lantaran adanya perubahan data secara tiba-tiba di laman eform BRI. Keluhan tersebut bahkan ramai di media sosial.

Ketika pagi hari dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM, tetapi sorenya berubah menjadi tidak terdaftar.

Selain keluhan tersebut, ada juga warganet yang mengatakan jika pada sore hari dinyatakan sebagai penerima BLT UMKM, tetapi pada paginya berubah menjadi tidak terdaftar.

 

Baca Juga: Ini Penyebab BLT UMKM Bermasalah, Pagi Dinyatakan Sebagai Penerima, Sore Jadi Tak Terdaftar

Keluhan BLT UMKM

Permasalahan tersebut salah satunya dikeluhkan pemilik akun Facebook Takim Poel. Keluhannya tersebut ia bagikan di grup Facebook Sukoharjo Makmur pada Jumat (27/11/2020).

"Lur meh tekok wingi sore ngone konciku ngecek ono
Lha barang isuk iki tak cek
Ora terdaftar ki gek pie za di urus ora," tulis akun Facebook Takim Poel.

Narasi tersebut kurang lebih berarti "Lur mau tanya. Kemarin sore punya temanku dicek sudah terdaftar. Tapi saat paginya saya cek kok jadi tidak terdaftar. Ini bagaimana".

Akun Facebook Chesar Junior juga mengeluhkan hal yang sama.

"SOB ADA YG SAMA GA YA, TADI PAGI NGECEK UMKM/BPUM LOLOS, EH PAS SORE NYA MALAH GA TERDAFTAR," tulis Chesar Junior.

Tak hanya itu, pemilik akun Facebook Sarah Julianti membagikan bukti tangkapan layar yang menyatakan pada pagi hari sempat dinyatakan sebagai penerima bantuan UMKM, namun sorenya justru menjadi tidak terdaftar.

"Mau nanya td pagi dpet td tbtb merah td d cekk . kalo kita kash ss nya bakalan dpet ga yaaa .jd bngung ke BRI," tulis Sarah Julianti.

 

Baca Juga: Simak Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM, Masih Ada 2,9 Juta Kuota Penerima

Penjelasan BRI

BRI diketahui merupakan salah satu bank penyalur BLT UMKM. Untuk mengecek mendapat bantuan tersebut atau tidak, pelaku UMKM dapat mengakses https://eform.bri.co.id/bpum.

Adapun terkait dengan keluhan tersebut, Corporate Secretary Bank BRI, Aestika Oryza Gunarto, menjelaskan, adanya perubahan data status kelolosan BLT UMKM itu terjadi karena lonjakan traffic di laman eform BRI.

Sehingga, menurutnya, terjadi hal semacam anomali. "Adanya anomali tersebut disebabkan oleh traffic yang tinggi," kata Aestika, Minggu (29/11/2020), dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.