Kompas TV regional berita daerah

Temuan Tempat Pemandian Suci atau Petirtaan di Lereng Gunung Klotok

Kompas.tv - 28 November 2020, 23:57 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KEDIRI, KOMPAS.TV - Warga lereng Gunung Klotok, Kediri, Jawa Timur, menemukan sebuah bangunan petirtaan atau tempat pemandian suci yang diduga peninggalan Kerajaan Kediri.

Bangunan yang menyisakan struktur batu bata kuno itu kini dalam penelitian tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Jawa Timur.

Penelitian bangunan petirtaan yang diduga peninggalan Kerajaan Kediri ini berawal dari laporan warga lereng Gunung Klotok yang mengetahui adanya struktur batu bata di bawah aliran irigasi pertanian pada 2017 lalu.

Petirtaan adalah tempat pemandian suci yang digunakan oleh kalangan kerajaan. Tim arkeolog kemudian melakukan proses zonasi dan ekskavasi.

Hasilnya, tim arkeolog menemukan struktur batu bata kuno yang berbentuk kolam. Pada beberapa bagian bangunan ditemukan aliran air yang berasal dari sumber mata air pegunungan.

Para arkeolog berasumsi sementara bahwa petirtaan ini merupakan tempat penyucian diri sebelum memasuki Candi Klotok yang berada di Bukit Badung, yang terletak di atas lokasi tersebut.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x