Kompas TV advertorial

Miniatur Robot dari Limbah Logam Bekas

Kompas.tv - 28 November 2020, 12:50 WIB
Penulis : Aryo bimo

SEMARANG, KOMPAS.TV - Seorang guru ngaji di Semarang, Jawa Tengah, membuat kerajinan tangan berbagai bentuk. Uniknya, berbagai hasil kerajinan ini dibuatnya dengan menggunakan bahan berupa logam bekas.

Indaryanto biasanya mulai mengajar mengaji saat sore hari. Setelah mengantar anaknya sekolah, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk mengolah logam bekas.

Dengan hati-hati, Indaryanto menyolder tiap bagian logam bekas ini menggunakan timah, hingga membentuk sebuah karakter robot. Tak hanya robot, dia juga membuat bentuk motor besar hingga hiasan lainnya seperti dudukan lampu meja.

Selama pandemi Covid-19, Indaryanto tetap kreatif dan menghasilkan berbagai kerajinan unik. Ia mengakui, awal pandemi sempat membuatnya kesulitan memasarkan hasil karyanya ini.

Namun kini penjualan hasil karyanya sudah kembali normal. Tak hanya di Semarang, olahan logam bekas ini juga laku di berbagai daerah lainnya seperti Jakarta. 

Bahkan kampung robot di Banten sudah memintanya untuk menrancang sebuah taman. 

Sejumlah karyanya juga pernah dibawa ke Jepang untuk dijadikan sebagai souvenir.

Harga souvenir karya Indaryanto ini berkisar antara Rp 50.000,- hingga jutaan rupiah, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x