Kompas TV nasional peristiwa

Kembali Sambangi RS Ummi, Bima Arya Minta Habib Rizieq Tes Usap

Kompas.tv - 27 November 2020, 21:58 WIB
kembali-sambangi-rs-ummi-bima-arya-minta-habib-rizieq-tes-usap
Wali Kota Bogor Bima Arya (Sumber: KOMPAS.COM)

BOGOR, KOMPAS.TV - Wali Kota Bogor Bima Arya kembali mendatangi Rumah Sakit Ummi, Bogor. Kedatangannya untuk meminta Habib Rizieq Shihab dan keluarga menjalani swab test (tes usap).

Wali Kota Bogor itu mengaku mendapat laporan, bahwa pemimpin Front Pembela Islam (FPI) dan keluarga menolak menjalani tes usap yang akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Dengan penolakan itu, Bima menyempatkan diri untuk kembali mendatangi RS Ummi pada pukul 20.00 WIB ini.

"Saya mendapatkan laporan tadi, bahwa pihak keluarga menolak (tes usap). Saya ingin tabayyun, ingin klarifikasi, konfirmasi apa alasannya," kata Bima kepada wartawan di RS Ummi, Jalan Empang, Kota Bogor, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga: Rizieq Shihab Dirawat di RS Ummi Bogor, Sudahkah Jalani Tes Swab? Ini Penjelasannya

Bima mengaku ingin mendapat kejelasan langsung dari pihak Habib Rizieq dan keluarga, mengenai alasan penolakan tersebut.

"Yang menolak keluarganya. Putranya menyatakan tidak bersedia di-swab. Alasannya tidak ada alasan, makanya saya ke sini untuk cari tahu alasannya apa," ujarnya.

Menurut Bima, sebagai pemimpin di Kota Bogor, dia wajib menjalankan amanat Undang-Undang Kekarantinaan. Selain itu, dia juga menjaga keselamatan banyak orang atas wabah Covid-19 yang sedang mendera.

"Harus jelas alasannya. Kami bertindak atas kepentingan banyak orang, untuk keselamatan banyak orang. Banyak orang yang bekerja. Semua warga Bogor bisa terdampak kalau kita tidak hati-hati," tutur Bima.

Baca Juga: Hendak Semprot Area Rumah Habib Rizieq Shihab, Anggota TNI Dihalangi Laskar FPI

Mengenai pengakuan Habib Rizieq telah menjalani tes usap dari tim Mer-C, Bima mengaku belum mendapat pemberitahuan. Lagipula laboratorium Mer-C sendiri tidak terdaftar.

"Belum, belum ada. Katanya dikirim ke Mer-C, tapi kita ingin tahu lebih lanjut. Sekali lagi ingin klarifikasi dialog dengan keluarga apa alasannya."

Pantauan Jurnalis Kompas TV Ni Putu Trisnanda dan Junaidi Saputra, Bima mendatangi RS Ummi tidak sendiri. Dia didampingi Kapolres Kota Bogor, Dandim 0606 Kota Bogor, dan Kasatpol PP Kota Bogor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x