Kompas TV regional berita daerah

Kerajinan Tas Blongsong Songket Coba Ke Pasar Internasional

Kompas.tv - 27 November 2020, 20:58 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Masa Pandemi Covid-19 memaksa untuk terus kreatif. Itu yang dilakukan sejumlah orang yang tergabung dalam Komunitas Kreatif Difabel Palembang, dengan memproduksi tas berbahan kain Blongket atau Blongsong Songket, yang mencoba pemasaran internasional.

Tas berbahan Blongket atau Blongsong Songket, jadi salah satu kerajinan di Palembang, hasil kreatifitas di tengah Pandemi Covid-19.

Berbeda dari bahan tas umumnya, tas yang diproduksi Komunitas Kreatif Difabel Palembang ini menggunakan bahan kain yang harganya mahal.

Para perajin difabel ini, membuat tas hampir sama dengan pembuatan tas umumnya. Bahan Blongket dipotong sesuai pola, lalu dijahit dengan mesin, membentuk pola tas. Setelah itu dipasangi beberapa perlengkapan lainnya seperti tali tas.

Produksi tas ini sudah mulai dilakukan sejak 2 tahun terakhir. Awalnya pemasaran tas blongket dilakukan secara individu yang sifatnya lokal oleh perajinannya.

Belakangan karena Pandemi Covid-19, pemasaran dilakukan daring.

Kedepan, pemasaran Tas Blongket ditargetkan mampu menembus pasar mancanegara.

Dalam sehari, anggota komunitas kreatif difabel mampu memproduksi 5 tas, dengan satu tasnya dibandrol Rp 350 ribu rupiah.

#TasBlongket #Pasar #Internasional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.