Kompas TV regional berita daerah

Dinkes Sumsel Lakukan Pemeriksaan Kematian Covid-19

Kompas.tv - 27 November 2020, 20:50 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Persentase kematian akibat covid-19 di Sumatera Selatan masih melebihi angka Nasional. Untuk memastikan hal itu Dinkes Sumatera Selatan, melakukan Audit Mortality, atau pemeriksaan kematian.

Data Dinas Kesehatan Sumsel menyebut, kematian akibat Covid-19 di Provinsi ini, 60 persennya terjadi pada kelompok usia diatas 55 tahun, dan 50 persen memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Dinkes Sumsel, saat ini sedang melakukan Audit Mortality, atau pemeriksaan kematian, untuk mengetahui penyebab kematian seseorang, apakah karena covid-19 atau sebab lainnya.

Pemeriksaan masif di tingkat Kecamatan masih kurang, dengan target yang dicapai harusnya satu orang perseribu penduduk dalam sepekan, dan penanganan di fasilitas kesehatan yang membuat tingginya jumlah kematian akibat covid-19.

Meski tidak masuk dalam 12 wilayah prioritas penanganan covid-19 di Indonesia, namun Sumsel, berdasarkan data Satgas Covid-19, angka kematian di Provinsi ini tercatat 5,34 persen per 23 November lalu, yang melebihi Nasional dengan 3,11 persen.

Tingginya angka kematian Covid-19 di Sumsel, masyarakat produktif diminta mengubah perilaku dengan 3 W, Wajib Menggunakan Masker, Wajib Mencuci Tangan, serta Wajib Menjaga Jarak, agar mengihindari kelompok usia rentan terpapar virus yang mendominasi angka kematian di provinsi ini.

#Korona #Dinkes #Sumsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x