Kompas TV entertainment selebriti

Nadiem Makarim Menghela Napas Saat Mendapat Pertanyaan Ini dari Maudy Ayunda

Kompas.tv - 27 November 2020, 19:58 WIB
nadiem-makarim-menghela-napas-saat-mendapat-pertanyaan-ini-dari-maudy-ayunda
Maudy Ayunda berkesempatan mengobrol via daring dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Sumber: Instagram @maudyayunda)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda berkesempatan mengobrol dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim melalui Instagram live.

"Aku penasaran deh dari sebelum Mas Menteri menjabat jadi menteri, apa yang sekarang dari aktivitas keseharian yang paling surprising, dari pekerjaan ini?" tanya Maudy Ayunda, Jumat (27/11/2020).

Nadiem Makarim menghela napasnya saat mendapatkan pertanyaan tersebut. Nadiem lantas mengucapakan kata "huh" dan memuji pertanyaan Maudy sangat bagus. Nadiem menjelaskan, hal pertama yaitu public profile.

"Yang paling surprising itu secara personal mungkin public profile-nya ya," jawab Nadiem Makarim.

"Iya benar, banyak orang mengenal saya waktu di Gojek, tapi enggak seperti ini gitu lho. Mungkin yang paling surprisingly adalah sebenarnya adaptasi yang dibutuhkan secara personal untuk menjadi pejabat publik," lanjut Nadiem.

Nadiem mengatakan saat ini banyak orang lebih mengenal dirinya. Apabila dirinya ke tempat umum, dicegat orang bisa menjadi suatu hal yang biasa saat dia menjadi menteri.

"Konsep hubungan dengan masyarakat, socmed, enggak bisa keluar-keluar ke jalanan, saya ke restoran apa-apa dicegat orang gitu," jelasnya lagi.

Kedua, pernah merasakan jadi masyarakat sipil atau pihak swasta biasa, Nadiem pun semakin merasakan perbedaan.

"Kadang-kadang bawaannya kan skeptis ya sama pemerintah, tapi waktu saya masuk ke Kemendikbud, saya belajar banyak banget orang-orang bagus di dalam Kemendikbud, dan bukan cuma bagus, orang-orang hebat gitu. Tapi banyak dari mereka yang mungkin belum dimemerdekakan untuk mencapai hidup mereka," jelas Nadiem.

Ketiga, dari guru-guru yang ditemuinya di daerah-daerah, yang kebetulan berbicara dengannya, menurut Nadiem, mereka punya hati luar biasa dan pemikiran kritis terhadap pembelajaran buat anak-anak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x