Kompas TV regional berita daerah

Buruh Mogok Kerja Dan Menginap Di Pabrik

Kompas.tv - 27 November 2020, 17:30 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV- Para buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Independen, atau GSBI, lakukan aksi demonstrasi dan mogok kerja didepan perusahaan tempat mereka bekerja di Pt Gunung Salak, yang berada di Desa Babakan Pari, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Sudah 2 hari 1 malam mereka menginap dengan ditutupi terpal di depan tempat mereka bekerja. Aksi tersebut merupakan bagian dari protes terhadap perusahaan karena telah melakukan PHK atau pemecatan terhadap 4 rekan kerjannya, yang dianggap secara sepihak.


Menurut GSBI, 4 pekerja yang diPHK tersebut adalah karyawan yang tidak memiliki masalah dan merupakan warga lingkungan pabrik. 4 pekerja ini di PHK dengan alasan habis kontrak kerja. Padahal pada kenyataannya, selama 5 tahun bekerja mereka hanya terus diberikan kontrak tanpa diberikan status karyawan yang jelas.

GSBI mengaku sudah beberapa kali mengajukan mediasi kepada perusahaan, namun tidak di hiraukan oleh perusahaan, akhirnya melakukan aksi demonstrasi mogok kerja. Aksi ini telah dilakukan selama 2 hari, mereka akan terus melakukan aksi menginap, hingga aspirasi mereka didengar oleh perusahaan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x