Kompas TV regional berita daerah

Kedung Goa, Perpaduan Gua Dan Air Terjun Memukau

Kompas.tv - 27 November 2020, 15:16 WIB
Penulis : KompasTV Jember

 LUMAJANG, KOMPAS.TV – Menjelang libur akhir tahun, obyek wisata baru mulai bermunculan. Salah satunya adalah wisata Kedung Goa di Lumajang, Jawa Timur. Wisata ini menawarkan perpaduan gua dan  air terjun dengan ketinggian 4 meter.

Untuk menuju lokasi wisata Kedung Goa, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 400 meter dari Dusun Ngampo atau Kunal, Desa Pasrujambe, Lumajang. Pengelola wisata juga menyediakan transportasi kuda bagi pengunjung yang enggan berjalan kaki. Sesampai di lokasi, pengunjung akan disuguhi panorama gua berupa lempengan batu miring yang cukup memukau.

Di sisi gua tersebut, terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 4 meter dengan airnya yang  jernih khas Pegunungan Semeru. Tak jarang banyak pengunjung yang mandi di tempat ini. Air terjun ini mengalir ke area persawahan warga untuk mengairi tanaman petani.

Selain menawarkan nuansa alam, wisata ini juga kaya dengan nilai sejarah. Menurut Sugianto,Kepala Desa Pasrujambe, gua tersebut merupakan tempat perlindungan warga setempat dari tentara Belanda pada masa sebelum kemerdekaan.

Adanya wisata baru ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, medukung penuh pengembangan wisata ini agar ekonomi masyarakat setempat dapat tumbuh di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah juga menghimbau kepada pihak desa sebagai pengelola wisata agar tetap memperhatikan prototokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, kata Cak Toriq usai membuka secara resmi wisata Kedung Goa ini.

Pengunjung diminta untuk tetap memperhatikan 3”M” yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman dan mencuci tangan sesering mungkin.

#KedungGoa #WisataAlamBaru #PemkabLumajang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x