Kompas TV regional berita daerah

Upaya Pemerintah Kabupaten Blitar Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Kompas.tv - 26 November 2020, 18:43 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Puluhan bidan dari seluruh Puskesmas se kabupaten Blitar ini mengikuti sosialisasi dan rapat koordinasi tentang kematian ibu dan anak. Dengan seksama para tenaga kesehatan ini mendengarkan dan mencatat semua materi tentang upaya pencegahan kematian ibu dan anak.

Acara ini sengaja digelar setelah angka kematian ibu di wilayah kabupaten Blitar menunjukkan grafik peningkatan. Dari data sementara selama persalinan di tahun ini sudah 17 orang yang meninggal dunia. Kondisi itu memaksa Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar untuk bergerak cepat dengan melakukan berbagai upaya.

Salah satunya adalah dengan melakukan pendampingan secara khusus bagi ibu hamil dengan resiko tinggi. Pemanfaatan buku KIA secara benar juga wajib dilakukan demi menekan resiko kematian ibu dan anak.

Pemberian imunisasi dengan penerapan protokol kesehatan juga akan terus dilakukan di masa pandemi corona. Semua program kerja tersebut merupakan upaya dari pemerintah kabupaten Blitar untuk menekan angka kematian ibu dan anak.

Sementara itu warga juga diminta agar lebih memahami tentang pentingnya kesehatan bagi ibu hamil dan anak. sehingga angka kematian ibu dan anak dapat ditekan.

#Blitar #Bidan #Imunisasi #Persalinan #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x