Kompas TV nasional berita kompas tv

SMRC: Anies Dinilai Gagal Terapkan PSBB Terkait Acara Rizieq Shihab

Kompas.tv - 26 November 2020, 18:42 WIB
smrc-anies-dinilai-gagal-terapkan-psbb-terkait-acara-rizieq-shihab
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (paling kiri), Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab (kedua dari kiri), dan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain (ketiga dari kiri) pada pertemuan di kediaman Rizieq kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020) malam. (Sumber: Instagram tengkuzulkarnain.id)
Penulis : Yasir Nene Ama

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei sebanyak 42 persen warga menilai gubernur DKI Jakarta gagal menjalankan aturan PSBB di Jakarta.

Sementara yang terkait dengan kerumunan massa yang terjadi dalam kegiatan pernikahan putri Rizieq Shihab dan acara Maulid Nabi di Petamburan Jakarta pada Sabtu (14/11/2020), sebanyak 57 persen reponden menilai Anies gagal menerapkan aturan PSBB secara adil di Jakarta.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas menyatakan hasil survei menunjukkan sebanyak 57 persen responden yang mengetahui adanya kegiatan pernikahan putri Rizieq Shihab dan acara Maulid Nabi di Petamburan Jakarta, menyatakan Anies gagal menjalankan aturan PSBB secara adil di wilayah yang dipimpinnya.

“Ada 57 persen responden yang tahu kegiatan di Petamburan mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta telah gagal menjalankan aturan PSBB secara adil,” ujar Abbas

Selain itu, hasil survei menunjukan 49 persen responden yang mengetahui kegiatan pernikahan putri Rizieq Shihab dan acara Maulid Nabi di Petamburan. Dari angka ini, sebanyak 77 persen mendukung aparat keamanan untuk membubarkan kegiatan HRS di Petamburan demi mencegah penyebaran covid 19.

“Secara umum warga menilai negatif acara resepsi pernikahan dan Maulid Nabi yang diselenggarakan Rizieq Shihab dan diikuti pengikutnya tanpa menerapkan prookol kesehatan. Dari total 49 persen yg mengetahui kegiatan ini, 77 persen responden mendukung aparat keamanan membubarkan kegiatan tersebut karena alasan covid,” ujar Abbas.

Survei SMRC dilakukan pada rentang waktu 18 November sampai 21 November 2020 terhadap 1.201 responden yang dipilih dengan metode simple random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x