Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi: APBN 2021 Akan Fokus Pada 4 Hal

Kompas.tv - 25 November 2020, 13:45 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo menjelaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk tahun 2021 difokuskan untuk 4 hal.

“APBN 2021 akan fokus pada empat hal. Pertama penanganan kesehatan, masih dalam hal penanganan Covid. Utamanya akan fokus kepada vaksinasi. Oleh sebab itu anggaran yang berkaitan dengan penguatan sarana dan prasarana kesehatan, laboratorium, penelitian dan pengembangan sangat diperlukan,” kata Jokowi di acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

APBN Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar Rp 2.750 triliun masih difokuskan untuk penanganan Covid-19, baik di sektor kesehatan maupun ekonomi.

Anggaran belanja negara juga akan difokuskan pada perlindungan sosial.

Anggaran di bidang perlindungan sosial masih dibutuhkan lantaran masih banyak masyarakat kurang mampu yang perekonomiannya terdampak Covid-19.

Kemudian, APBN 2021 juga akan difokuskan kepada pemulihan ekonomi nasional, terutama untuk mendukung usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan dunia usaha secara menyeluruh.

“Dan keempat untuk membangun fondasi lebih kuat kita akan melakukan reformasi struktural,” kata Jokowi.

Ia pun mengingatkan para menterinya untuk bekerja lebih keras, sebab Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19 pada 2021. Pemerintah, kata Jokowi, masih akan menghadapi situasi krisis yang membutuhkan langkah luar biasa dalam memecahkan masalah.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.