Kompas TV regional berita daerah

Kabupaten Blitar Masuk 4 Besar Daerah Rawan Bencana

Kompas.tv - 24 November 2020, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menggelar apel kesiapsiagaan bencana, mengantispasi tingginya potensi bencana alam di wilayahnya. Warga juga diminta bekerja sama dengan petugas dalam melakukan pencegahan dan penanganan bencana.

Apel kesiapsiagaan bencana ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Blitar, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di musim hujan. Wilayah Kabupaten Blitar sendiri, termasuk 4 besar daerah di Jawa Timur yang memiliki tingkat kerawanan bencana paling tinggi.

Selain ancaman banjir dan tanah longsor, potensi bencana angin kencang juga menjadi hal yang paling dikhawatirkan terjadi. Sementara itu, di bagian selatan Blitar, ancaman banjir rob dan tsunami juga masih membuat warga cemas.

Baca Juga: Longsor Menimpa Rumah, 1 Penghuni Terluka

Usai menggelar apel, Penjabat Sementara Bupati Blitar, Budi Santosa, memeriksa langsung sejumlah peralatan penanganan bencana di halaman kantor Pemerintahan Kabupaten Blitar. Satu persatu peralatan mulai dari perahu hingga perlengkapan masak semua diperiksa kelayakannya. Pemerintah Kabupaten Blitar ingin memastikan seluruh petugas baik dari BPBD, TNI serta Polri, siap dalam menangani bencana alam.

Budi Santosa juga meminta masyarakat untuk saling gotong royong dalam melakukan upaya pencegahan bencana, seperti penghijauan dan pembersihan sungai.

Sebagai upaya antisipasi bencana alam, Pemerintah Kabupaten Blitar telah mempersiapkan 300 petugas gabungan. Diharapkan dengan kesiapan petugas ini, bencana alam yang terjadi dapat ditangani dengan baik dan tidak ada korban jiwa.

 

#DaerahRawanBencana #KesiapsiagaanBencana

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x