Kompas TV regional berita daerah

Stok Darah Terbatas, PMI Gelar Donor Darah Massal

Kompas.tv - 23 November 2020, 12:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – Pandemi Covid-19 yang masih belum usai membuat stok darah di Palang Merah Indonesia Cabang Probolinggo, Jawa Timur, mengalami kelangkaan. Sejumlah anggota polisi dan relawan pun mendonorkan darah secara massal untuk mengatasi kelangkaan darah tersebut.

Aksi donor darah massal ini dilakukan oleh sejumlah anggota Kepolisian Resor Probolinggo Kota bersama sejumlah jurnalis dan relawan. Sebanyak 90 orang pendonor berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar di aula polres setempat.

Aksi kemanusiaan ini digelar mengingat stok darah khususnya golongan darah O dan B mulai menipis. Menurut Suwito, Pengurus PMI Cabang Probolinggo, di kantor PMI Cabang Probolinggo saat ini hanya tersedia 8 kantong darah golongan O, sedangkan kebutuhan darah dari masing-masing golongan mencapai 30 kantong setiap hari. Suwito menambahkan, saat ini kebutuhan darah meningkat drastis karena banyak dimanfaatkan oleh pasien Covid-19.

Sementara Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Teguh Santoso berharap, dengan aksi ini akan timbul kesadaran masyarakat untuk melakukan aksi serupa, agar tidak terjadi kelangkaan stok darah, teruatama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Di masa pandemi ini, stok darah mengalami kekurangan karena jumlah pendonor juga mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah larangan keluar rumah akibat penerapan protokol kesehatan.

#StokDarahMenipis #PalangMerahIndonesia #AyoDonorDarah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x