Kompas TV nasional kesehatan

Kemenkes Minta Peserta Kerumunan di Petamburan, Tebet & Megamendung Lakukan Tes & Isolasi Mandiri

Minggu, 22 November 2020 | 19:43 WIB
kemenkes-minta-peserta-kerumunan-di-petamburan-tebet-megamendung-lakukan-tes-isolasi-mandiri
Kemenkes mengimbau kepada warga yang mengikuti kegiatan keagamaan di Petamburan, Tebet, dan Megamendung untuk melukan tes dan isolasi secara mandiri. (Sumber: Satgas Covid-19)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau kepada warga yang mengikuti kegiatan keagamaan di Petamburan, Tebet, dan Megamendung untuk melukan tes dan isolasi secara mandiri.

Imbauan tersebut berdasarkan hasil pelacakan kasus Covid-19 di tiga tempat tersebut yang ditemukan warga terkonfirmasi positif Covid-19.
 
"Kemenkes mengimbau semua orang yang mengikuti acara tersebut dan siapapun yang merasa telah kontak erat dengan orang yang hadir agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” ujar Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr Muhammad Budi Hidayat, dalam konferensi pers yang dirilis Satgas Covid-19, Minggu (22/11).

Hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, terinci 50 orang yang terlibat dalam kegiatan di Tebet terkonfirmasi positif Covid-19, 30 orang di Petamburan, dan 15 orang di Megamendung masih menunggu hasil pemeriksaan uji sampel.

Baca Juga: Satgas Sebut Peningkatan Kasus Covid-19 di Indonesia Pekan Ini hingga 17,8 Persen, Ini Kurang Baik

Budi juga menganjurkan bagi siapa saja yang merasa memilki gejala seperti batuk, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan serta kehilangan indera perasa segera menghubungi Puskesmas terdekat.

"Apabila bergejala segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Pemerintah juga telah menyiapkan pusat karantina di Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet,” kata Budi.

Budi menekankan kepada seluruh tokoh umat atau siapapun yang memiliki peran penting dalam suatu komunitas tertentu, untuk lebih bijak dan memberikan keteladanan kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:54
KEMENTERIAN PUPR: TOL TRANS-JAWA SEPANJANG 1.118 KILOMETER SIAP MELAYANI MASYARAKAT SAAT LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU   BALAI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI MINTA WARGA TAK MENANGKAP ATAU MENGGANGGU JIKA ADA SATWA YANG TURUN KE PERMUKIMAN   MENKEU SRI MULYANI MINTA PIMPINAN KEMENTERIAN DAN PEMDA PERCEPAT BELANJA DI AWAL 2021   PT TRANSJAKARTA: INFORMASI RATUSAN LOWONGAN KERJA UNTUK SMP DAN SMA DI TRANSJAKARTA ADALAH HOAKS   DISHUB DKI MASIH KAJI PERUBAHAN 2 RUTE LRT JAKARTA SEBELUM DISERAHKAN KE KEMENHUB   KONSORSIUM PEMBARUAN AGRARIA DESAK DPR AMBIL SIKAP ATAS RENCANA RELOKASI WARGA PULAU KOMODO, NTT   SEBANYAK 7 PEGAWAI DI KANTOR GUBERNUR NTT POSITIF TERINFEKSI KORONA   DPRD JEMBER, JATIM, KIRIM 33 ALAT BUKTI SERTA BERKAS PEMAKZULAN BUPATI NONAKTIF FAIDA KE MA   SITUS PETIRTAAN KUNO SUMBERBEJI DI JOMBANG, JATIM, DITUTUP SEMENTARA SELAMA EKSKAVASI GUNA CEGAH KERUMUNAN   DINKES GUNUNG KIDUL, DIY: 3 GURU DAN 2 MURID DARI 2 SD DI KAPANEWON PATUK POSITIF TERINFEKSI KORONA   KPU SLEMAN, YOGYAKARTA, SIAPKAN BILIK KHUSUS UNTUK PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS   WALI KOTA SAMARINDA, KALTIM, SJAHARIE JAANG, POSITIF KORONA TANPA GEJALA   POLDA BANTEN AKAN TERJUNKAN 3.500 PERSONEL UNTUK PENGAMANAN PILKADA 2020    KADISHUB DKI SYAFRIN LIPUTO SEBUT PELIBATAN SWASTA DALAM PEMBANGUNAN LRT JAKARTA KARENA PEMPROV KEKURANGAN DANA