Kompas TV entertainment lifestyle

Ingin Tumbuh Subur, Ini Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman

Minggu, 22 November 2020 | 13:46 WIB
ingin-tumbuh-subur-ini-waktu-terbaik-untuk-menyiram-tanaman
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah. (Sumber: SHUTTERSTOCK/RATTIYA LAMROD)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menyiram tanaman merupakan hal dasar untuk membuat tanaman hidup dan subur. Namun menyiram tanaman juga ada aturannya. Jika berlebihan, tanaman mudah busuk dan mati. Selain itu, menyiram tanaman juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar penyerapannya bisa maksimal. 

Menyiram tanaman di siang hari juga tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat dimana tanaman sedang berfoto sintesis atau memasak makanan.

Menurut Richard P. Jauron, Spesialis Program Ekstensi II di Departemen Hortikultura Iowa State University, Amerika Serikat, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari sekitar pukul 05.00 hingga 09.00.

Baca Juga: 9 Tips dan Trik Merawat Tanaman Hias Agar Tak Layu

Ada alasan tersendiri mengapa pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menyiram tanaman. Menurut Richard, penyiraman di pagi hari bisa membuat daun tanaman cepat mengering. Di mana pengeringan cepat ini bisa membantu mencegah terjadinya perkembangan penyakit jamur.

Richard juga menyebut bahwa menyiram tanaman di sore hari menggunakan alat penyiram atau selang tanaman bisa menyebabkan timbulnya masalah atau penyakit pada tanaman hias.

“Jika menyiram tanaman di sore hari, kemungkinan besar daun tanaman akan tetap basah sepanjang sore atau malam. Hal ini tidak baik, karena bisa menyebabkan munculnya penyakit daun,” tutup Richard.

Penulis : Dian Septina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:47
MENDAGRI TITO KARNAVIAN DORONG KEPALA DAERAH SERIUS DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENAG FACHRUL RAZI BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT BANTU MENYELESAIKAN KETIMPANGAN ANTARA NEGARA MUSLIM    MENAG FACHRUL RAZI TERBITKAN PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN IBADAH DAN PERAYAAN NATAL DI MASA PANDEMI   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: NEGARA AKAN MENJAMIN KEAMANAN POLIS ASURANSI PARA NASABAH ASURANSI JIWASRAYA   BENTENG VASTENBURG SOLO AKAN DIJADIKAN RUMAH KARANTINA BAGI PEMUDIK YANG NEKAT PULANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   PEMKOT SOLO TUTUP SEMENTARA PASAR GEDE SISI TIMUR SELAMA SEPEKAN SETELAH 11 PEDAGANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA: LIBUR BERSAMA BERPOTENSI PICU TERJADINYA KERUMUNAN DAN LONJAKAN PENULARAN COVID-19   PERLUDEM MEMINTA PEMERINTAH PERKUAT KOORDINASI MITIGASI POTENSI PENULARAN COVID-19 SAAT PILKADA SERENTAK 2020   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT MEMBANTU PEMULIHAN EKONOMI DUNIA PASCA PANDEMI COVID-19   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RSD WISMA ATLET KEMAYORAN KLAIM KAPASITAS TAMPUNG PASIEN DAPAT BERTAHAN HINGGA AKHIR 2020   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILI LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   WALI KOTA BEKASI AKAN TAMBAH TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   PRESIDEN: PEMERINTAH AKAN BERI SANTUNAN KEPADA KELUARGA KORBAN PEMBUNUHAN DAN TERORISME DI KABUPATEN SIGI, SULTENG    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TAK ADA TEMPAT UNTUK TERORISME DI INDONESIA