Kompas TV entertainment lifestyle

Ingin Tumbuh Subur, Ini Waktu Terbaik untuk Menyiram Tanaman

Kompas.tv - 22 November 2020, 13:46 WIB
ingin-tumbuh-subur-ini-waktu-terbaik-untuk-menyiram-tanaman
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah. (Sumber: SHUTTERSTOCK/RATTIYA LAMROD)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menyiram tanaman merupakan hal dasar untuk membuat tanaman hidup dan subur. Namun menyiram tanaman juga ada aturannya. Jika berlebihan, tanaman mudah busuk dan mati. Selain itu, menyiram tanaman juga harus dilakukan di waktu yang tepat agar penyerapannya bisa maksimal. 

Menyiram tanaman di siang hari juga tidak disarankan, karena waktu-waktu itu adalah saat dimana tanaman sedang berfoto sintesis atau memasak makanan.

Menurut Richard P. Jauron, Spesialis Program Ekstensi II di Departemen Hortikultura Iowa State University, Amerika Serikat, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari sekitar pukul 05.00 hingga 09.00.

Baca Juga: 9 Tips dan Trik Merawat Tanaman Hias Agar Tak Layu

Ada alasan tersendiri mengapa pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menyiram tanaman. Menurut Richard, penyiraman di pagi hari bisa membuat daun tanaman cepat mengering. Di mana pengeringan cepat ini bisa membantu mencegah terjadinya perkembangan penyakit jamur.

Richard juga menyebut bahwa menyiram tanaman di sore hari menggunakan alat penyiram atau selang tanaman bisa menyebabkan timbulnya masalah atau penyakit pada tanaman hias.

“Jika menyiram tanaman di sore hari, kemungkinan besar daun tanaman akan tetap basah sepanjang sore atau malam. Hal ini tidak baik, karena bisa menyebabkan munculnya penyakit daun,” tutup Richard.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x