Kompas TV klik360 cerita indonesia

Sri Mulyani Curhat 2 Kali Wisuda Yang Tak Dihadiri Orang Tua

Minggu, 22 November 2020 | 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tahun 2020 memang tahun "istimewa" bagi kalangan pelajar yang lulus sekolah.

Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19, mereka terpaksa untuk mengubur dalam-dalam impian untuk bisa wisuda secara tatap muka.

Sebagian mereka harus merayakan momen bahagia tersebut secara daring. Sebagian lagi memilih untuk tidak merayakannya karena pandemi. 

Ternyata, ketidaksempurnaan momen kelulusan ini juga dirasakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dalam akun instagramnya ia bercerita, wisuda kelulusannya juga tidak dihadiri oleh orang tua.

Padahal, wisuda adalah momen yang selalu menjadi kebanggan orang tua. 

“Agustus 1986 - sewaktu wisuda Sarjana Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, orang tua saya tidak dapat hadir karena sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah”, ungkap Sri Mulyani.

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Ungkap Target Pendapatan Negara Tahun 2020 Ini Berisiko Tak Terpenuhi

Ia menambahkan, tak hanya sampai di sana, momen kelulusannya sebagai doktor dari Universitas Illinois – Urbana Champaign juga tak dihadiri oleh orang tua, lantaran tak ada biaya.

"Kembali tahun 1992 - saat menyelesaikan program doktor (S3) ekonomi, wisuda saya di University of Illinois - Urbana Champaign Amerika Serikat tidak dihadiri orang tua karena ketiadaan biaya, namun alhamdulillah dihadiri suami dan putri kecilku”, tambahnya.

Meski demikian, wanita yang pernah mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik dunia ini menekankan pentingnya untuk selalu berpikir positif, dan bersyukur terhadap apa yang dialami.

Penulis : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:54
PERHELATAN AUSTRALIA OPEN 2021 DI MELBOURNE TERANCAM DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY PASTIKAN PERLINDUNGAN SOSIAL TERSALUR SAMPAI KE WILAYAH PERBATASAN NEGARA DI PAPUA   PANGDAM III SILIWANGI AKAN TERJUNKAN 1.000 PERSONELNYA UNTUK PENGAMANAN DAN KERUMUNAN PILKADA BANTEN   PT PELABUHAN INDONESIA II LANJUTKAN PEMBANGUNAN PROYEK TERMINAL KALI BARU & MENARGETKAN BEROPERASI 2023   MENAKER: 2,1 JUTA KORBAN PHK HARUSNYA DAPAT KARPET MERAH TAPI HANYA 95.559 YANG LOLOS KARTU PRAKERJA   KEMENTERIAN PUPR MEMPEROLEH RP 149,81 TRILIUN UNTUK PAGU ANGGARAN TAHUN 2021   IGNASIUS JONAN DIANGKAT MENJADI KOMISARIS INDEPENDEN PT INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL   PEMKOT TANGSEL BELUM PUTUSKAN SOAL BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA DI SEKOLAH PADA JANUARI 2021   PEMKOT TANGERANG BERENCANA GELAR KEMBALI KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   P2G MINTA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TAK TERAPKAN BELAJAR TATAP MUKA DI SEKOLAH JAKARTA   PERHIMPUNAN UNTUK PENDIDIKAN DAN GURU (P2G) SEBUT PANDEMI KORONA UBAH INTERAKSI DAN POLA BELAJAR   ASOSIASI TRAVEL AGENT INDONESIA SEBUT PEMANGKASAN CUTI BERSAMA TAK BERDAMPAK SIGNIFIKAN PADA TRAVEL AGENT   SEBANYAK 11 ANGGOTA TNI DIVONIS BERSALAH KARENA ANIAYA WARGA HINGGA TEWAS DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   DPR SERAHKAN MASUKAN SOAL PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME KE MENKUMHAM YASONNA LAOLY