Kompas TV kolom opini

Tukang Obat

Sabtu, 21 November 2020 | 13:11 WIB
tukang-obat
Tukang obat yang dikelilingi oleh warga. (Sumber: Kompasiana.)


Oleh Trias Kuncahyono

Satu

Ingat tukang obat, ingat Pak Arjamanggala. Mereka yang pernah tinggal dan hidup di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama di wilayah pinggiran, pada awal tahun 70-an, kiranya pernah mengenal Pak Arjamanggala. Sekurang-kurangnya mendengar namanya.

Pak Arjamangga, seorang tukang obat keliling. Ia keliling dari kampung ke kampung, dari pasar ke pasar. Ia akan mendatangi sebuah pasar sesuai dengan hari pasarannya. Misalnya, ke Pasar Godean, pada hari Pon —menurut kalender Jawa ada lima hari pasaran: Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage.

Orangnya berbadan besar, tinggi, berkumis tebal, mengenakan ikat kepala udeng wulung (warna hitam), berbaju hitam komprang dan celana selutut warna hitam pula. Baju tidak dikancingkan, hingga terlihat kaos warna hitam bergaris-garis putih.

Perlengkapan yang paling diandalkan saat beraksi adalah seekor ular sawa kembang atau sanca kembang yang bahasa latinnya Malayopython Reticulatus. Ular yang panjang tubuhnya bisa mencapai 8,5 meter ini menjadi andalannya untuk menarik orang.

Ada berbagai macam jenis obat dan ramuan yang dijual oleh para pedagang obat ini. Yakni mulai dari obat kulit (panu, kadas, kurap), obat gatal-gatal, obat tumo (kutu) rambut, obat cacing, obang untuk menggemukkan badan sampai obat-obatan untuk orang dewasa seperti obat kuat, obat untuk menaikkan gairah seksual. Juga berbagai macam salep seperti salep untuk menumbuhkan atau melebatkan kumis dan jambang, obat pegal linu, obat keseleo, juga ada yang berupa cairan yang bisa diminum. Semua ada.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

1
2
3
4
5



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:26
JELANG NATAL & TAHUN BARU, PT KAI DAOP 1 JAKARTA BUKA PEMESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH HINGGA 31 DESEMBER 2020   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMERINTAH KOREA UTARA PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH PERANGI PANDEMI COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN SELURUH MASYARAKAT HARUS KOOPERATIF DALAM PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SESALKAN TINDAKAN RIZIEQ SHIHAB YANG MENOLAK PENELUSURAN KONTAK PASIEN COVID-19   BIMA ARYA TEGASKAN RS RUJUKAN PASIEN COVID-19 HARUS MENYAMPAIKAN LAPORAN BERKALA KEPADA SATGAS KOTA BOGOR   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA NILAI PENANGANAN COVID-19 DI RS UMMI SAAT MENANGANI RIZIEQ SHIHAB TAK SESUAI PROSEDUR   DIRUT RS UMMI BOGOR MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB TETAP ISOLASI MANDIRI KARENA HASIL TES USAP COVID-19 BELUM KELUAR    DIRUT RS UMMI BOGOR SEBUT PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PULANG ATAS PERMINTAAN KELUARGA   KETUA DPP FPI SLAMET MAARIF BANTAH PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KABUR DARI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR, JABAR   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 1 DESEMBER 2020