Kompas TV regional berita daerah

Difabel Temukan Box Penetral Virus Covid-19

Kompas.tv - 20 November 2020, 17:32 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Di tengah keterbatasan fisik yang dimiliki, Mashfud, difabel tuna daksa warga Desa Tegowanu, Grobogan, Jawa Tengah, tetap berkarya dan berinovasi. Mashud  berhasil  menemukan inovasi box Covid-19, yakni berupa alat sterilisasi uang. Alat ini diklaim mampu membunuh virus yang menempel di uang kertas, setelah uang tersebut dimaksudkan ke dalam box Covid-19 selama 5 detik dengan suhu 100 derajat.

Hasil karya difabel ini sudah diminati oleh sebuah rumah sakit dan instansi lain untuk menekan dan membunuh virus serta bakteri yang masih menempel di uang kertas. Mashud membuat box Covid-19 di kantor usaha difabelnya dengan memanfaatkan papan triplek bekas yang dirangkai menjadi sebuah kotak kecil. Dalam kotak itu dilengkapi 3 lampu dengan daya total 250 watt dan termostat yang fungsinya untuk mengatur suhu yang dihasilkan ketika lampu diyalakan. 

Cukup hanya 5 detik saja, uang yang terkena screeening panas dari pencahayaan lampu di dalam boks, diyakini sudah cukup untuk membunuh bakteri dan virus, termasuk virus Covid-19. Karena seperti penjelasan dan penelitian ilmiah, virus maupun bakteri akan mati dengan pencahayaan terang dan suhu panas.

Alat ini sudah diminati oleh rumah sakit di Grobogan dan instansi, serta sebuah instansi di Kota Solo. Untuk satu box Covid-19, Mashud menjualnya dengan seharga 400 ribu rupiah. Rencananya, inovasi Mashud tersebut akan ia sempurnakan bersama teman difabel, sehingga banyak pertokoan dan lembaga keuangan yang menggunakan alat tersebut untuk menekan penyebaran virus dan bakteri di uang dalam transaksi pembayaran.

 

 #Covid19 #Difabel #TunaDaksa

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x