Kompas TV bisnis kompas bisnis

Menilik Masa Perawatan dan Biaya Pengobatan Pasien Covid-19 di Indonesia

Jumat, 20 November 2020 | 05:00 WIB

KOMPAS.TV - Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika menderita sakit, selain mengganggu aktivitas, kantong pun terusik. Demikian juga dengan menderita covid-19.

Pasien covid-19 menjalani masa perawatan antara 1 hingga 194 hari. Jika di-rata-rata, mereka menjalani 15,4 hari perawatan.

Data ini diungkapkan oleh Ketua Perkumpulan Ahli Ekonomi Kesehatan Indonesia, melalui kajian dengan Kementerian Kesehatan dan USAID.

Data diambil dari ribuan kasus di rumah sakit di 9 provinsi.

Dari sisi dana, biaya klaim perawatan atau biaya obat, rata-rata sebesar 184 juta rupiah.

Angka ini diambil dari rentang biaya yang harus dikeluarkan setiap pasien covid-19 dari 1 juta rupiah hingga 446 juta rupiah.

Dengan kriteria tertentu, biaya perawatan covid-19 memang ditanggung negara. Namun, protokol kesehatan tetap harus disiplin dijalankan agar anggaran negara dapat efektif digunakan.

Sejumlah penyakit katastropik yang membutuhkan biaya pengobatan tinggi, juga dibiayai melalui program jaminan kesehatan pemerintah.

3 penyakit katastropik yang menelan biaya bpjs kesehatan termahal pada 2019 adalah penyakit jantung senilai 10,3 triliun rupiah, penyakit kanker 3,5 triliun rupiah dan stroke sebesar 2,5 triliun rupiah.

Ketua Pusat Kajian dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indonesia, Budi Hidayat mengingatkan akan potensi lonjakan kasus diabetes akibat pandemi covid-19. Hal ini didorong oleh kurangnya aktivitas fisik dan kelebihan konsumsi makanan dan ini dapat makin menggerus keuangan JKN.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:36
SATGAS COVID-19: PEMERINTAH TENGAH MELAKUKAN FINALISASI UNTUK MENENTUKAN DAERAH YANG PRIORITAS TERIMA VAKSIN    HARI INI, KEMENKO PMK GELAR RAPAT SOAL PENGURANGAN LIBUR AKHIR PEKAN   TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, CALON WALI KOTA DEPOK M IDRIS DIRAWAT DI RSUD DEPOK   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA SUGIARTO BERKOORDINASI DENGAN RS UMMI MINTA RIZIEQ SHIHAB JALANI TES SWAB COVID-19   PEMIMPIN ORMAS FPI RIZIEQ SHIHAB DAN ISTRI SYARIFAH FADHLUN YAHYA JALANI PERAWATAN DI RS UMMI SEJAK 25 NOVEMBER 2020   JADI TERSANGKA KASUS KORUPSI EKSPOR BENIH LOBSTER, EDHY PRABOWO: SAYA IKUTI PROSESNYA   MIFTACHUL AKHYAR RESMI MENJADI KETUM MUI MENGGANTIKAN MA'RUF AMIN YANG JABAT KETUA DEWAN PERTIMBANGAN MUI   DJOKO TJANDRA MENGATAKAN TIBA DI INDONESIA 5 JUNI 2020 DAN DIJEMPUT ANITA KOLOPAKING & BRIGJEN PRASETIJO UTOMO   DJOKO TJANDRA TIDAK TAHU TOMMY SUMARDI SERAHKAN UANG DARINYA KE IRJEN NAPOLEON BONAPARTE & BRIGJEN PRASETIJO UTOMO   DJOKO TJANDRA BERI UANG KEPADA TOMMY SUMARDI 500.000 DOLLAR AS & 200.000 DOLLAR SINGAPURA UNTUK URUS "RED NOTICE"    BERSAKSI DI PERSIDANGAN, DJOKO TJANDRA MENGAKU MENYERAHKAN PROSES PENCABUTAN "RED NOTICE" DPO KE TOMMY SUMARDI   BMKG MEMPERKIRAKAN JABODETABEK DIGUYUR HUJAN HARI INI    SATGAS COVID-19: MENGHALANGI PETUGAS KESEHATAN MEMERIKSA AKAN DIJATUHI SANKSI   KADIV HUMAS POLRI MENGATAKAN BALIHO RIZIEQ SHIHAB MELANGGAR PERDA DAN TIDAK SESUAI PERUNTUKANNYA