Kompas TV bisnis kompas bisnis

Menilik Masa Perawatan dan Biaya Pengobatan Pasien Covid-19 di Indonesia

Kompas.tv - 20 November 2020, 05:00 WIB

KOMPAS.TV - Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika menderita sakit, selain mengganggu aktivitas, kantong pun terusik. Demikian juga dengan menderita covid-19.

Pasien covid-19 menjalani masa perawatan antara 1 hingga 194 hari. Jika di-rata-rata, mereka menjalani 15,4 hari perawatan.

Data ini diungkapkan oleh Ketua Perkumpulan Ahli Ekonomi Kesehatan Indonesia, melalui kajian dengan Kementerian Kesehatan dan USAID.

Data diambil dari ribuan kasus di rumah sakit di 9 provinsi.

Dari sisi dana, biaya klaim perawatan atau biaya obat, rata-rata sebesar 184 juta rupiah.

Angka ini diambil dari rentang biaya yang harus dikeluarkan setiap pasien covid-19 dari 1 juta rupiah hingga 446 juta rupiah.

Dengan kriteria tertentu, biaya perawatan covid-19 memang ditanggung negara. Namun, protokol kesehatan tetap harus disiplin dijalankan agar anggaran negara dapat efektif digunakan.

Sejumlah penyakit katastropik yang membutuhkan biaya pengobatan tinggi, juga dibiayai melalui program jaminan kesehatan pemerintah.

3 penyakit katastropik yang menelan biaya bpjs kesehatan termahal pada 2019 adalah penyakit jantung senilai 10,3 triliun rupiah, penyakit kanker 3,5 triliun rupiah dan stroke sebesar 2,5 triliun rupiah.

Ketua Pusat Kajian dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indonesia, Budi Hidayat mengingatkan akan potensi lonjakan kasus diabetes akibat pandemi covid-19. Hal ini didorong oleh kurangnya aktivitas fisik dan kelebihan konsumsi makanan dan ini dapat makin menggerus keuangan JKN.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x